Gugus Tugas Belum Rekomendasi Bioskop Dibuka

    Kautsar Widya Prabowo - 13 Juli 2020 18:49 WIB
    Gugus Tugas Belum Rekomendasi Bioskop Dibuka
    Suasana simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis, 9 Juli 2020. Foto: Antara/M Agung Rajasa
    Jakarta: Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 belum merekomendasikan pembukaan kembali bioskop. Hal ini mengingat bioskop berada di ruangan tertutup yang memiliki risiko penularan virus korona.

    "Bioskop termasuk kategori kegiatan yang belum mendapatkan rekomendasi," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal Doni Monardo, di Kompleks Senayan, Jakarta, Senin, 13 Juli 2020. 

    Menurut dia, ruang tertutup berpotensi menjadi lokasi penularan dalam kurun waktu satu jam hingga satu setengah jam. Saat ini, hanya lokasi wisata di tempat terbuka yang diizinkan beroperasi dengan memenuhi protokol kesehatan. 

    "Seperti taman nasional, kemudian pantai. Itu yang baru diberikan rekomendasi. Sementara wisata urban, termasuk dunia hiburan, tidak kami izinkan," tutur jenderal bintang tiga itu. 

    Doni memastikan belum ada satu pun daerah yang mengajukan pembukaan bioskop. Ia menekankan setiap kegiatan yang mengundang kerumunan banyak harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke Gugus Tugas. 

    "Di kami kan punya pakar, ada kesehatan masyarakat, epidemiologi yang bisa memberikan pertimbangan kepada pengelola," tutur Doni.

    Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan izin agar pengelola bioskop membuka kembali operasionalnya mulai Rabu, 29 Juli 2020. Namun, protokol kesehatan ketat wajib dijalankan.

    Baca: Menparekraf Pastikan Bioskop Terapkan Protokol Kesehatan

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan keputusan membuka destinasi ataupun sektor ekonomi kreatif menjadi wewenang pemerintah daerah. Namun, status covid-19, kesiapan daerah, serta penerapan dari protokol kesehatan harus diperhatikan.

    "Itu yang kita lakukan saat ini sehingga kapan pun (bioskop) dibuka kita sudah siap. Dengan adanya panduan protokol kesehatan salah satunya di sektor perfilman ini, saya harap industri ini bisa produktif kembali, dari produksinya, bioskopnya dan berbagai macam aktivitas lainnya yang beberapa bulan terhenti," kata Wishnutama.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id