238 WNI Negatif Covid-19

    WHO Dampingi Pemulangan WNI yang Diobservasi

    Anggi Tondi Martaon - 15 Februari 2020 17:13 WIB
    WHO Dampingi Pemulangan WNI yang Diobservasi
    WNI dari Wuhan dan kota sekitar di Provinsi Hubei, Tiongkok, yang telah 14 hari diobservasi berjalan menuju pesawat untuk dipulangkan ke keluarga. Foto: Antara/M Adimaja
    Jakarta: Pemulangan peserta observasi virus korona Covid-19 dipantau langsung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO ikut memastikan 238 WNI yang dievakuasi dari Hubei, Tiongkok, dan 122 kru pendamping negatif virus corona saat keluar dari pusat karantina.

    Perwakilan WHO untuk Indonesia Dr Navaratnasamy Paranietharan melihat langsung seluruh proses pemulangan. Mulai dari penyerahan dari tim observasi hingga dibawa ke Jakarta untuk dipulangkan ke keluarga.

    "Dari WHO ada bersama-sama dengan saya satu pesawat juga menjemput dan mengantar sampai Bandara Halim Perdanakusuma," kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 15 Februari 2020.

    Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu menyebut pemerintah Indonesia menjalankan proses observasi secara transparan. Seluruh proses yang dijalani 285 WNI dari Tiongkok dapat dipantau seluruh masyarakat Indonesia.

    "Beliau ikut terharu melihat bagaimana saudara kita sudah berhasil menjalani masa observasi dengan baik dengan tetap sehat, karena ini doa restu dari seluruh rakyat dan bangsa Indonesia," ungkap dia.

    Menkes Terawan memastikan observasi terhadap WNI yang dipulangkan dari Tiongkok berjalan baik. Seluruh peserta dinyatakan sehat.

    "Lunas sudah saya yang dulu menjemput pertama sekarang yang mengantar ke Bandara Halim Perdanakusuma dan dalam kondisi sehat. Semua berbahagia, sangat mengharukan," ujar dia.

    WHO Dampingi Pemulangan WNI yang Diobservasi
    Peserta terharu dan bahagia program observasi selesai. Mereka dipulangkan ke Jakarta untuk diserahkan ke keluarga. Foto: Antara/M Adimaja

    Observasi merupakan protokol kesehatan yang harus dilakukan. Pasalnya, mereka tiba dari wilayah terjangkit Covid-19. Kementerian Kesehatan menegaskan seluruh prosedur observasi dan karantina ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

    Protokol observasi WNI ini juga merujuk standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Itu juga sebab tiga WNI yang tidak lolos screening otoritas Tiongkok tidak diizinkan keluar dari wilayah isolasi Tiongkok.

    Observasi berlangsung 14 hari, sesuai waktu inkubasi virus. Seluruh WNI dan petugas yang terlibat diawasi kesehatannya selama observasi. Mereka juga menjalani rangkaian program yang disusun. Mulai program olahraga, hiburan, hingga diet sehat.





    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id