Ombudsman Terima 1.330 Keluhan Masyarakat Soal Penyaluran Bansos

    Kautsar Widya Prabowo - 02 Juli 2020 04:45 WIB
    Ombudsman Terima 1.330 Keluhan Masyarakat Soal Penyaluran Bansos
    Ilustrasi bantuan sembako. ANT/Arif Firmansyah
    Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia menerima 1.330 aduan masyarakat terkait penyaluran bantuan sosial (bansos). Laporan tersebut diterima dari 29 April-30 Juni 2020 .

    "Sebanyak 83 persen atau 1.330 aduan yang masuk adalah tentang bantuan sosial," ujar Wakil Ketua Ombudsman RI Lely P Soebakty dalam konferensi pers, Rabu, 1 Juli 2020.

    Selain itu, Sebanyak 176 aduan atau 11 persen masyarakat terkait sektor ekonomi dan keuangan. Disusul sektor keamanan yang mendapat 52 aduan atau tiga persen. Pada sektor pelayanan kesehatan hanya mendapatkan 38 pengaduan atau dua persen.

    Lely menjelaskan kasus yang paling banyak masuk ke Ombudsman ialah penyaluran bantuan yang tidak merata, baik dari segi waktu, penerima, dan wilayah sasaran. Laporan terkait penyaluran bansos mencapai 22,28 persen.

    Lalu ada aduan terkait prosedur dan persyaratan untuk menerima bantuan yang tidak jelas sebesar 21,38 persen. Aduan masyarakat dalam kondisi krisis tidak terdaftar sebagai penerima bansos sebesar 20,89 persen.

    Baca: Banyak Masyarakat Tak Paham Syarat Mendapatkan Sembako

    Sementara itu, aduan masyarakat yang terdaftar namun tidak menerima bantuan sebesar 18,66 persen. Terakhir adanya masyarakat pendatang yang tidak mendapatkan bantuan sebesar 7,17 persen.

    Seluruh aduan akan diteruskan ke kementerian dan lembaga terkait untuk ditindaklanjuti. Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2020 Tentang Posko Pengaduan Daring Covid-19.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id