Polisi Memperketat Pengecekan Surat Bukti Bebas Korona

    Siti Yona Hukmana - 15 Mei 2020 19:19 WIB
    Polisi Memperketat Pengecekan Surat Bukti Bebas Korona
    PSBB di Kota Bogor, Jabar. Medcom.id/Rizky Dewantara
    Jakarta: Mabes Polri menginstruksikan jajarannya di lapangan lebih jeli mengecek keabsahan surat keterangan bebas virus korona (covid-19). Dokumen itu menjadi salah satu persyaratan bagi warga untuk bepergian ke luar daerah di tengah wabah covid-19.

    "Polri sudah menginstruksikan kepada seluruh jajaran khususnya personel yang bertugas di pos check point dan di pos pantau pembatasan sosial berskala besar (PSBB)," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramdhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Mei 2020.

    Ahmad berharap seluruh masyarakat mematuhi peraturan PSBB. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak membeli surat keterangan bebas covid-19 palsu, karena hal itu melanggar undang-undang yang berlaku.

    "Tetap waspada kepada para pihak-pihak yang memanfaatkan situasi dengan jual surat palsu karena berdampak pada pidana," ujar Ahmad.

    Surat keterangan bebas covid-19 asli wajib dikantongi warga yang terdesak melakukan perjalanan jarak jauh. Ketentuan ini sesuai Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan covid-19 .

    Baca: Penjual Surat Bebas Covid-19 Ditangkap Polisi

    "Diimbau untuk menunjukan surat keterangan negatif covid-19 berdasarkan PCR test atau rapid test atau surat keterangan sehat dari dinas setempat, rumah sakit, puskesmas atau klinik kesehatan," imbuh Ahmad.

    Banyak oknum memanfaatkan surat edaran gugus tugas covid-19 tersebut. Oknum menjual surat keterangan bebas covid-19 palsu demi mencari keuntungan. Namun, kasus ini belum ditemukan di Jakarta.

    Tindak pidana itu ditemukan di Bali. Polda Bali telah mengamankan tujuh orang tersangka dari dua kelompok. Kelompok pertama menjual surat keterangan bebas covid-19 ke penumpang travel dan pengendara sepeda motor. Sementara kelompok kedua menjual ke pengguna Pelabuhan Gilimanuk.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id