Menkes Sebut 19 Daerah Berisiko Terpapar Virus Korona

    Kautsar Widya Prabowo - 03 Februari 2020 15:51 WIB
    Menkes Sebut 19 Daerah Berisiko Terpapar Virus Korona
    Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: ANT/Wahyu Putro
    Jakarta: Sebanyak 19 daerah di Indonesia disebut berisiko terpapar virus korona. Daerah tersebut memiliki akses langsung menuju Tiongkok.

    "Telah diidentifikasi 19 daerah berisiko yang memiliki akses langsung dari dan ke Tiongkok, baik melalui darat, laut, dan udara," ujar Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 3 Februari 2020. 

    Kemenkes menyiapkan beberapa perlengkapan pendukung untuk mengantisipasi penyebaran wabah penyakit tersebut. Di antaranya, alat pengukur suhu tubuh, masker n-95, dan alat pelindung diri (APD) di beberapa bandara dan pelabuhan. 

    Pemerintah juga menyiapakan 100 rumah sakit yang telah berpengalaman sebagai menangani virus flu burung. Rumah sakit tersebut bertaraf nasional, provinsi, dan daerah. 

    "Kesiapan rumah sakit rujukan penyakit infeksi emerging perlu dilakukan mapping ulang karena 100 RS rujukan flu burung ini ditetapkannya pada 2007. Jadi perlu cek and recheck semuanya," pungkasnya.

    Berdasarkan data yang dihimpun ada 19 daerah yang memiliki jadwal penerbangan langsung ke Tiongkok, yakni Jakarta, Tangerang, Bandar Lampung, Tarakan, Palembang, Balikpapan, Manokwari, Denpasar, Samarinda, Bitung, Batam, Surabaya, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Jambi, Sampit, Padang, Bandung, dan Manado.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id