RS Lapangan Berdiri di RSPAD

    Deny Irwanto - 02 Agustus 2021 06:02 WIB
    RS Lapangan Berdiri di RSPAD
    Peresmian RS lapangan di RSPAD, Jakarta, Minggu, 1 Agustus 2021. Foto: Dok TNI AD



    Jakarta: Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Letjen Albertus Budi Sulistya, meresmikan instalasi RS Lapangan II Yonkes Divif 1/1 Kostrad-RSPAD Gatot Soebroto. Instalasi ini diharap bisa meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

    "Dengan memohon rida Tuhan Yang Maha Kuasa, mari kita bersama-sama memulai penggunaan instalasi Rumah Sakit Lapangan II dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kemudahan dan meridai kita semua di dalam melakukan pelayanan kepada para pasien kita," kata Budi di Jakarta, Minggu, 1 Juli 2021.

     



    Menurut dia, instalasi RS Lapangan II Yonkes Divif 1/1 Kostrad-RSPAD Gatot Soebroto diperuntukkan bagi pasien dengan status probable setelah dilakukan triage. Triage ialah proses pemilahan pasien untuk menentukan kategori perawatan.

    "Pemisahan ini dilakukan tim dokter dan perawat untuk memilah pasien ini termasuk kategori yang mana, apakah dia covid, probable, apakah noncovid. Kalau masih probable nanti ditempatkan di Rumah Sakit Lapangan II," jelas Budi.

    Baca: Anies: Jakarta Masuk Zona Aman Kalau Positivity Rate di Bawah 5%

    Budi menjelaskan pengadaan RS Lapangan II ini arahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. Fasilitas ini dimanfaatkan sebagai perluasan pelayanan RSPAD Gatot Soebroto dalam menangani pasien covid-19.

    "SDM dari Yonkes kan tentu terbatas sehingga dengan rumah sakit ini digelar di Kompleks RSPAD maka tim dokter dari RSPAD bisa menyupervisi dan mengampu tugas. Jadi semua dokter yang bekerja di sini di bawah supervisi oleh tim dokter dari RSPAD," ungkap Budi.

    Wakil Komandan Batalyon Kesehatan 1/1 Kostrad, Kapten Ckm Lutfi Hajri, mengatakan supervisi dilakukan tim dokter paru RSPAD Gatot Soebroto. Di RS lapangan, ada dokter umum sebagai dokter penanggung jawab pelayanan (DPJP).

    "Untuk tenaga medis, nanti kita bergabung dari sini dan juga dari RSPAD kita mendapat dukungan untuk tenaga medis, terutama untuk yang dokter spesialis, yaitu dokter spesialis paru, yang untuk sebagai supervisi kita," kata Lutfi.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id