Pemerintah Bakal Terapkan Penanganan Covid-19 di Jawa ke Pulau Lain

    Candra Yuri Nuralam - 02 Agustus 2021 13:45 WIB
    Pemerintah Bakal Terapkan Penanganan Covid-19 di Jawa ke Pulau Lain
    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Medcom.id/Anggi



    Jakarta: Pemerintah menyebut penanganan pandemi di pulau Jawa berhasil menurunkan penambahan kasus harian covid-19. Penanganan pandemi di Jawa akan diimplementasikan ke pulau lain.

    "Kita masih melihat beberapa daerah masih belum turun dan ada kenaikan terutama untuk di daerah luar Jawa, tapi berdasarkan pengalaman di Jawa, kita akan segera replikasikan ke luar Jawa," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melalui telekonferensi di Jakarta, Senin, 2 Agustus 2021.

     



    Budi mengatakan testing di luar pulau Jawa akan ditingkatkan. Hal itu untuk mengetahui detail permasalahan penyebaran covid-19 di wilayah tersebut.

    Pemerintah juga mempercepat penyembuhan pasien covid-19 di luar pulau Jawa. Penyaluran tabung oksigen dan obat-obatan di luar Jawa bakal diperbaiki, bersamaan dengan Isolasi mandiri.

    Baca: Menkes: Presiden Bersyukur Penanganan Pandemi Tak Sampai Skenario Terburuk

    "Tempat isolasi terpusatnya agar mereka bisa diisolasi dengan cepat, tidak menularkan ke keluarganya, kita konversikan kamar-kamar rumah sakit menjadi kamar-kamar isolasi covid-19, agar kalau nanti masuk tempatnya cukup," ujar Budi.

    Dia mengatakan pemerintah bakal membuat satuan tugas (satgas) oksigen di luar pulau Jawa. Pemerintah tidak mau harga tabung oksigen meroket.

    "Insyallah itu bisa mempersiapkan kasus-kasus yang di luar Jawa dengan mereplikasi mencontoh bagaimana kita menangani kasus ini di Jawa," tutur Budi.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id