Primetime News

    Jelang PON Papua 2021, BNPT Waspadai Ancaman Teror KKB

    MetroTV - 17 September 2021 05:23 WIB
    Jelang PON Papua 2021, BNPT Waspadai Ancaman Teror KKB
    Ilustrasi. Foto: Dok/Medcom.id



    Jayapura: Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 akan berlangsung pada 2 - 15 Oktober 2021 di Jayapura, Papua. Berbagai persiapan, termasuk keamanan pun tengah dipersiapkan dengan matang.

    Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar menjelaskan, aparat keamanan harus mengantisipasi segala kemungkinan terburuk. Upaya deteksi dini terhadap potensi ancaman teror dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) perlu dikoordinasikan.

     



    "Kita tidak bisa mengabaikan, tentu kita akan memprediksi kemungkinan terburuk. Dengan kesiapan dari aparat keamanan yang ada, kita berharap tentu bisa berjalan maksimal," kata Boy dalam tayangan Primetime News Metro TV pada Kamis, 16 September 2021.

    Boy menerangkan, berbagai aksi kekerasan dalam beberapa waktu belakangan oleh KKB di Papua harus dicermati dengan melihat perkembangan eskalasi di lapangan. Rencana aksi teror yang telah dilancarkan disebut bersifat sporadis.

    "Rencana yang dikaitkan dengan ingin mengganggu dan menunjukkan eksistensi karena PON ini adalah event yang sangat strategis," jelas Boy.

    Bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), BNPT telah mencatat peristiwa kekerasan yang telah terjadi. Keikutsertaan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Papua disebut dapat menjadi sebuah langkah antisipasi.

    "Akan ada rapat koordinasi khusus dalam rangka pengamanan PON. Akan kami bahas lebih detil dan kita akan menunggu hasil pembahasan lebih lanjut," kata dia. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id