Metro Siang

    Gawat! Serangan KKB Bisa Buat Nakes Ogah Mengabdi di Papua

    MetroTV - 19 September 2021 17:24 WIB
    Gawat! Serangan KKB Bisa Buat Nakes Ogah Mengabdi di Papua
    Ketua Tim Kajian Papua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Adriana Elisabeth. Metro TV



    Jakarta: Ketua Tim Kajian Papua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Adriana Elisabeth menyesalkan kejahatan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Teranyar, KKB di Papua bertanggung jawab terhadap tragedi pembunuhan dan pelecehan seksual terhadap tenaga kesehatan.

    "Yang jadi pertanyaan, kalau tenaga kesehatan (nakes) jadi sasaran kelompok KKB, siapa yang mau melayani warga di sana?" ujar Adriana dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Minggu, 19 September 2021.

     



    Kejadian serupa telah berulang kali terjadi. Hal ini dinilai dapat meningkatkan stigma buruk. Hal ini dapat berujung tenaga kesehatan lain enggan berdinas di Papua.

    Kekejaman KKB Papua diungkap seorang nakes yang selamat, Marselinus Ola Attanila, pada Jumat, 17 September 2021. KKB pimpinan Lamek Taplo melecehkan tenaga kesehatan (nakes) wanita yang melarikan diri pasca pembakaran Puskesmas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

    Aksi sadis itu membuat salah seorang nakes, Gabriella Meilani, harus bertemu dengan maut. Gabriella ditemukan di dasar jurang dengan kondisi tubuh penuh luka. Adriana mengecam keras atas kejadian tersebut.

    "Saya melihat, kalau siapapun pelaku yang sudah membunuh, itu harus ditangkap apapun alasannya. Itu harus dilakukan," tegasnya. (Mentari Puspadini)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id