comscore

Awas PeduliLindungi Palsu! PeduliLindungiq.com Minta Rp1 Juta untuk Daftar Vaksinasi

Muhammad Syahrul Ramadhan - 07 Oktober 2021 06:00 WIB
Awas PeduliLindungi Palsu! PeduliLindungiq.com Minta Rp1 Juta untuk Daftar Vaksinasi
Muncul pedulilindungi palsu pedulilindungiq.com (Foto: Kemkominfo)
Jakarta: Muncul sebuah situs yang tampilannya mirip PeduliLindungi.id yakni PeduliLindungiq.com. Meski memiliki tampilan yang sama situs tersebut dipastikan palsu.
 
"Situs Pedulilindungiq.com merupakan situs palsu dan bukan situs yang digunakan pemerintah dalam melakukan penanganan covid-19," kata juru bicara Kemkominfo, Dedy Permadi, Rabu, 6 Oktober 2021.

Minta biaya Rp 1 juta untuk vaksinasi

Situs Pedulilindungiq.com yang nyaru sebagai situs Pedulilindungi.id ini mewajibkan penggunan membayar Rp1 juta untuk mendaftar vaksinasi. Padahal, Pemerintah tidak memungut bayaran apa pun dalam penggunaan situs tersebut.

“Aplikasi PeduliLindungi dan situs Pedulilindungi.id yang resmi tidak melakukan pemungutan biaya untuk keperluan apa pun kepada para pengguna, termasuk untuk keperluan pendaftaran vaksin," kata Dedy.

Tampilan mirip PeduliLindungi.id

Pedulilindungiq.com mencatut dibuat mirip dengan PeduliLindungi.id. Situs ini mencatut logo, gambar, dan tema PeduliLindungi yang resmi.

Kejadian serupa

Sebelum Pedulilindungiq.com sempat muncul situs PeduliLindungia.com. Situs ini berisi 'jebakan betmen' yang mencuri data-data pengguna.
pedulilindungi palsu pedulilindungia
(Pedulilindungi palsu foto: Kemkominfo)

Sudah diblokir

Kemkominfo sudah memutus akses ke situs Pedulilindungiq.com. Kominfo meminta masyarakat hanya mengakses situs resmi Pedulilindungi.id. Selain itu, warga bisa menggunakan aplikasi resmi PeduliLindungi di Google Play Store dan Apple Play Store.
 
"Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan aplikasi PeduliLindungi," kata Dedy.
 

(RUL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id