comscore

Pemerintah Harus Dukung Industri Halal Nasional Agar Merajai Pasar Global

MetroTV - 27 November 2021 14:32 WIB
Pemerintah Harus Dukung Industri Halal Nasional Agar Merajai Pasar Global
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel. Foto: Dok/Metro TV
Istanbul: Presiden Joko Widodo (Jokowi)menargetkan Indonesia harus menjadi pusat halal dunia pada 2024 nanti. Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyatakan optimismenya, namun pemerintah harus berkomitmen dan fokus untuk membangun industri halal nasional.

“Kalau saya pribadi optimis, dan kita harus yakin, harus jadi barang kita enggak boleh enggak,” tegas Rachmat dalam tayangan Metro Pagi Primetime di Metro TV, Sabtu, 27 November 2021.

 



Menurut Rachmat, pemerintah harus memiliki strategi dan rencana yang matang untuk kemudian diimplementasikan. Sinergitas antara Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Agama sangat dibutuhkan untuk mendorong industri halal masuk ke pasar global.

Selain itu, dukungan pemerintah terhadap pelaku usaha juga menjadi hal yang krusial. Rachmat menyebut hingga saat ini Pemerintah Indonesia dikatakan belum mendukung secara penuh produk halal memasuki kancah global.

“Malaysia yang pemerintahnya dalam mempromosikan produk halal membuka restoran di luar negeri, Indonesia belum kelihatan ke sana. Pembukaan restoran di luar negeri pun karena usaha sendiri (bukan dari pemerintah),” jelas Rachmat.

Rachmat menyebut beberapa strategi untuk membawa produk halal Indonesia ke pasar global. Standarisasi halal menjadi hal yang sangat penting. Pemahaman terkait produk halal di dalam negeri pun dikatakan belum memenuhi standar.

“Standarisasi harus kita bentuk dahulu, karena melalui standarisasi ini para pelaku usaha dapat mengikuti standar halal yang ditetapkan oleh pemerintah, disini perlu pemerintah melakukan pembinaan pembinaan kepada pelaku usaha,” kata Rachmat.

Standar halal perlu diperhatikan mulai dari penggunaan bahan baku, penyimpanan bahan baku, sistem air, dan lain sebagainya. Setelah standarisasinya sudah terbentuk, barulah dibangun ekosistemnya, finansialnya dan lain sebagainya.

Rachmat menekankan optimis saja tidak cukup untuk merajai pasar global. Pemerintah pun diminta dapat menjalankan strategi yang matang dan mendukung UMKM industri halal di pasar global. (Widya Finola Ifani Putri)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id