Semangat Gotong Royong Melawan Pandemi Covid-19

    MetroTV - 30 November 2021 12:02 WIB
    Semangat Gotong Royong Melawan Pandemi Covid-19
    Ilustrasi zona merah. Foto: Dok/Medcom.id



    Jakarta: Gotong royong menjadi keunikan bangsa Indonesia, bahkan semangat ini tidak ditemukan di negara lain di dunia. Pandemi yang sedang melanda Indonesia membuat berbagai pihak merasa khawatir akan dampak yang ditimbulkan. Namun semangat gotong royong dinilai dapat melawan pademi yang sedang berlangsung.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, semangat gotong royong merupakan saripati dari Pancasila. Gotong royong memiliki spirit ketuhanan karena niatnya adalah ibadah.

     



    "Kita akan tahu makna dari gotong royong ketika kita membandingkan apa yang dilakukan (Melawan pandemi) negara lain yang tidak memiliki jiwa gotong royong yang berdasar Pancasila ini," kata Muhadjir dalam tayangan Indonesia Town Hall di Metro TV, Senin, 29 November 2021.

    Implementasi dari semangat gotong royong yang dilakukan Indonesia adalah pendekatan pentahelix, yang artinya kerja sama antar berbagai pihak dari pemerintah, akademisi, badan usaha, masyarakat, dan media.

    "Lima kekuatan itulah yang selama ini terbukti bisa saling bahu membahu menyukseskan penanganan covid-19, peranan negara bukan satu satunya," kata Muhadjir.

    Dampak dari semangat gotong royong pun dirasakan dari sektor ekonomi. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko), Susiwijono mengatakan, kunci keberhasilan Indonesia melawan pandemi adalah kebersamaan.

    Susiwijono mengungkap dengan adanya kerja sama dari berbagai pihak dalam menangani pandemi covid-19 kepercayaan masyarakat kembali mulai terbentuk. Dengan begitu angka konsumsi rumah tangga tetap tumbuh positif, itupun berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

    “Dengan adanya kebersamaan di masyarakat, tidak hanya dalam aspek pengendalian covid saja, tapi dampak positifnya dalam membangun confidence masyarakat,” kata Sekretaris Kemenko RI, Susiwijono.

    Dari semangat gotong royong yang dilakukan berbagai pihak, Susiwijono mengatakan hal tersebut memberikan dampak positif pada pengendalian covid-19 yang tercermin dalam angka-angka pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia yang semakin baik. (Imanuel Rymaldi Matatula)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id