Kronologi Penemuan Pesawat Rimbun Air

    Siti Yona Hukmana - 15 September 2021 13:05 WIB
    Kronologi Penemuan Pesawat Rimbun Air
    Pesawat Rimbun Air. DOK Istimewa



    Jakarta: Pesawat Rimbun Air dengan kode penerbangan PK-OTW ditemukan setelah hilang kontak di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Pesawat membawa sembako dan bahan bangunan itu ditemukan sekitar pukul 11.00 WIT, Rabu, 15 September 2021.

    "Ditemukan di Bukit Kampung Bilogai Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis, Rabu, 15 September 2021.

     



    Kamal menuturkan pesawat ditemukan pertama kali oleh masyarakat di Kampung Bilogai Distrik Sugapa, dengan ketinggian 2.400 meter dan koordinat 7219979585751. Kemudian, melaporkan penemuan itu ke polisi sekitar pukul 11.00 WIT.

    Lalu, tim gabungan TNI-Polri dan Pemuda Gereja setempat menuju lokasi pukul 12.30 WIT, guna mengevakuasi tiga kru pesawat. Yakni Pilot, Mirza; co-pilot, Fajar; dan teknisi, Iswahyudi.

    "Lokasi Bandara (Bilorai) dengan jatuhnya pesawat sendiri itu 800 meter dan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor, harus berjalan kaki menuju perbukitan untuk sampai di titik jatuhnya pesawat," kata Kamal.

    Baca: Pesawat Rimbun Air Diduga Jatuh Karena Cuaca Buruk

    Kamal belum dapat memastikan kondisi para kru. Sebab, anggota masih menuju ke lokasi yang berada di perbukitan.

    "Mudah-mudahan 2 sampai 3 jam ke depan sudah tiba di lokasi dan segera melakukan evakuasi kru pilot dan juga barang-barang yang ada di dalamnya," kata Kamal.

    Pesawat Rimbun Air PK-OTW lepas landas dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya pukul 06.40 WIT. Kemudian, AirNav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot sebelum hilang kontak.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id