Keberhasilan Indonesia Mengendalikan Covid-19 Berdampak Global

    Theofilus Ifan Sucipto - 17 September 2021 12:48 WIB
    Keberhasilan Indonesia Mengendalikan Covid-19 Berdampak Global
    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. DOK BPMI Setpres



    Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut keberhasilan pengendalian covid-19 di Indonesia akan memengaruhi tren global. Sebab, Indonesia memiliki wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak.

    "Indonesia memiliki peran penting di tingkat dunia dalam upaya bersama menuntaskan pandemi covid-19," kata Wiku dalam keterangan tertulis, Jumat, 17 September 2021.

     



    Wiku menyebut banyaknya populasi Indonesia berpotensi berkontribusi besar dalam kasus dunia. Selain itu, banyaknya pintuk masuk ke Tanah Air juga menjadi tantangan.

    "Namun, jika Indonesia mampu mengendalikan covid-19 dengan baik maka akan memberi pengaruh besar dalam pengendalian covid-19 secara global," papar dia.

    Wiku menuturkan Indonesia sudah melakukan kebijakan berlapis mencegah penularan virus berbahaya itu. Kebijakan tersebut mengatur pelancong internasional, pelancong domestik, dan mengendalikan aktivitas orang di rumah, bepergian, atau saat beraktivitas di luar rumah.

    Indonesia, kata Wiku, percaya covid-19 tidak akan hilang sepenuhnya dalam waktu singkat. Dinamika itu tetap ada mengingat negara lain masih berjuang menekan laju penularan.

    "Pemerintah telah menyusun peta jalan yang  merupakan strategi antisipatif dan landasan tatanan kehidupan baru masyarakat agar keberhasilan pengendalian covid-19 tidak bersifat sementara," tutur dia.

    Baca: Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Perjalanan Internasional
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id