Kiai NU Minta Pendakwah Mengedepankan Sikap Santun

    M Sholahadhin Azhar - 06 Mei 2021 03:10 WIB
    Kiai NU Minta Pendakwah Mengedepankan Sikap Santun
    Ilustrasi dakwah/Media Indonesia.



    Jakarta: Berdakwah dengan mengedepankan sikap santun dianggap efektif merebut hati masyarakat. Wakil Khatib Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Taufik Damas menyebut metode dakwah itu memberikan ketenangan hati pada masyarakat.

    "Sikap inilah yang penting untuk dikembangkan seorang dai dalam berdakwah, sebagaimana halnya yang telah dilakukan oleh Sunan Ampel," kata Taufik melalui keterangan tertulis, Rabu, 5 Mei 2021.

     



    Menurut dia, ketenangan hati menuntun umat pada kebijaksanaan. Hal tersebut yang digunakan Sunan Ampel menyebarkan Islam di Indonesia. Sebab, dengan kebijaksanaan masyarakat akan memahami Islam sebagai agama yang menebar kedamaian.

    "Karena kebijaksanaan merupakan proses berdakwah dengan penuh santun dan lebih mengedepankan ketenangan hati kepada masyarakat," kata dia.

    Taufik berharap pendakwah memahami bagaimana audience yang dihadapi. Sebab, kunci utama dakwah adalah kemampuan beradaptasi dengan kondisi sosial masyarakat.

    Dia menyebut kerap kali banyak dai yang membenturkan kondisi sosial sekitar dengan agama, misalnya terkait budaya masyarakat setempat. Taufik menyebut tradisi diperbolehkan dalam Islam, asal tak mengandung mudarat.

    "Malah apabila kebudayaan mengandung nilai positif, budaya atau tradisi bisa digunakan sebagai media dakwah,” kata Taufik dalam program Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) itu.


    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id