Tanggapan Satgas Covid-19 soal Kasus Harian Tertinggi selama Pandemi

    Media Indonesia - 14 November 2020 04:44 WIB
    Tanggapan Satgas Covid-19 soal Kasus Harian Tertinggi selama Pandemi
    Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa
    Jakarta: Kasus positif covid-19 di Indonesia bertambah 5.444 per Jumat, 13 November 2020. Akumulasi kasus sejak pandemi terjadi menjadi 457.735 orang.

    Catatan temuan kasus harian tertinggi selama pandemi ini dapat terjadi karena beberapa kemungkinan. "Baik karena lonjakan kasus infeksi, meningkatnya testing, atau akumulasi kasus yang baru terlaporkan dan tercatat," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito kepada Media Indonesia, Jumat, 13 November 2020.

    Satgas Covid-19 terus berkoordinasi dengan daerah untuk menggencarkan tes dan penelusuran selama beberapa minggu terakhir. Beberapa daerah menunjukkan kenaikan kasus yang signifikan.

    Misalnya, Jawa Tengah melaporkan 1.362 kasus baru. Jawa Tengah sudah menyampaikan bisa terjadi lonjakan kasus konfirmasi yang tajam akibat jumlah tes yang meningkat. Apalagi, massa banyak berkumpul akibat libur panjang.

    "Ini diperlukan untuk deteksi dan penanganan sedini mungkin," sebut Wiku.

    Baca: Kasus Covid-19 Bertambah 5.444 dalam Sehari

    Satgas Covid-19 mengimbau pemerintah daerah memasifkan tes dan tak perlu khawatir temuan kasus aktif membludak. Sebab, tujuan utama tes ialah keselamatan dan kesehatan masyarakat.

    "Kita juga tidak bosan untuk mengimbau, jangan sampai kita lalai dalam menjalankan protokol kesehatan sehingga berkontribusi terhadap penambahan kasus," tegas Wiku.

    Catatan tertinggi sebelumnya terjadi pada 8 Oktober sebanyak 4.850. Walau kasus baru tinggi, kasus sembuh bertambah 3.010 orang dalam sehari. Total kasus sembuh menjadi menjadi 385.094 orang.

    Sementara itu, pasien covid-19 meninggal bertambah 104 orang. Total kematian akibat virus korona menjadi 15.037 orang.

    Satgas Covid-19 mencatat suspek covid-19 sebanyak 58.896 orang. Virus covid-19 telah tersebar ke 34 provinsi dan 505 kabupaten/kota.

    Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id