Kapolda Metro: Kepulangan Rizieq Hancurkan Upaya Pemerintah Tangani Covid-19

    Siti Yona Hukmana - 26 November 2020 16:51 WIB
    Kapolda Metro: Kepulangan Rizieq Hancurkan Upaya Pemerintah Tangani Covid-19
    Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran. Medcom.id/
    Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran menyebut kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menghancurkan upaya pemerintah menangani covid-19. Acara Rizieq membuat kerumunan massa yang menyebabkan klaster baru penyebaran covid-19 di Petamburan, Jakarta Pusat.

    "Nah, tiba-tiba datang bikin kerumunan. Hancur semuanya. Lah terus, masa saya harus diam saja?" kata Fadil di Yayasan Arrahmah Center, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis, 26 November 2020.

    Menurut Fadil, kerumunan itu membuat usaha pemerintah memerangi covid-19 sia-sia. Padahal, kata dia, pemerintah telah menggelontorkan dana hingga Rp685 triliun.

    "Itu kalau bikin pondok, enggak tau deh sudah berapa pondok (yang terbangun)," ujar mantan Kapolda Jawa Timur itu.

    Fadil mengatakan pihaknya sama sekali tidak melarang aktivitas dakwah atau Maulid Nabi Muhammad SAW, selama acara itu tidak melanggar protokol kesehatan. Kegiatan Rizieq di Petamburan menimbulkan kerumunan massa dan mengakibatkan puluhan orang terjangkit covid-19.

    Baca: Kasus Pelanggaran Protokol Kesehatan di Petamburan Naik ke Penyidikan

    Fadil membandingkan acara serupa saat dirinya masih menjabat sebagai Kapolda di Jawa Timur. Menurutnya, Maulid Nabi Muhammad SAW di Jawa Timur yang diikuti ribuan orang tidak melanggar protokol kesehatan, karena dilakukan secara daring.

    "Jadi semua kembali ke niatnya. Kalau niatnya buat kemaslahatan, buat kebaikan, dan tebar kasih sayang. Kalau niatnya buruk, kalau dibungkus pakai apa pun seolah-olah itu baik, cover akhlak, agama, ya akal sehat pasti bisa mengatakan," ucap Fadil.

    Kapolda menghadiri kegiatan Multaqo Ulama Jakarta dengan tema 'Agama dan Ketertiban Umum' di Yayasan Arrahmah Center Jalan Raya Bogor Km.26, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis, 26 Oktober 2020. Setelah itu Kapolda ke kantor DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

    Kunjungan Fadil dalam rangka silaturahmi. Pasalnya, dia baru dilantik sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Nana Sudjana.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id