Jokowi Meninjau Kondisi Terkini Banjir di Kalimantan Selatan

    Nur Azizah - 18 Januari 2021 13:51 WIB
    Jokowi Meninjau Kondisi Terkini Banjir di Kalimantan Selatan
    Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi banjir di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Jokowi langsung menuju sungai Martapura.

    Meski hujan, Jokowi tetap melangsungkan kegiatannya. Jokowi ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

    Ada juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan Bupati Banjar Khalilurrahman. Kunjungan kerja tetap mematuhi protokol kesehatan.

    Sebelumnya, Jokowi menyampaikan duka cita atas korban meninggal akibat banjir di wilayah Kalimantan Selatan. Jokowi juga turut berduka atas korban meninggal akibat gempa yang melanda wilayah Provinsi Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021.

    "Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka yang mendalam atas korban yang meninggal dunia," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 15 Januari 2021.

    Mendengar kabar tersebut Jokowi langsung memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk bertindak cepat. Dia juga memerintahkan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk melakukan langkah-langkah tanggap darurat.

    Baca: Luas Banjir Kalsel Diperkirakan Capai 200 Ribu Hektare

    Kepala Negara meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti petunjuk-petunjuk yang disampaikan petugas di lapangan. Dalam kesempatan tersebut, Presiden  menyampaikan belasungkawa atas korban meninggal dunia akibat tanah longsor di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

    Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, Presiden juga telah memerintahkan Doni, Risma, dan Basuki untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana.

    "Terakhir, saya mengimbau agar kita semuanya untuk terus meningkatkan  kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem baik berupa hujan lebat dan yang lainnya dan selalu memperhatikan peringatan dini mengenai cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)," ujarnya.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id