Pengamat: Demo Bisa Dipesan Kapan Saja

    Kautsar Widya Prabowo - 18 Oktober 2020 19:49 WIB
    Pengamat: Demo Bisa Dipesan Kapan Saja
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno menyebut praktik jasa penyedia massa unjuk rasa banyak ditemui. Khususnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

    "Demo itu bisa dipesan kapan saja. Hari ini menolak revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), besoknya bisa mendukung," ujar Adi dalam program Crosschek Medcom.id, bertajuk Dalang Rusuh Demo Buruh, siapa?  melalui telekonferensi, Minggu, 18 Oktober 2020.

    Jasa tersebut bahkan berkerja layaknya lembaga profesional. Mereka menawarkan paket-paket terkait jumlah massa hingga latar belakang pedemo, misalnya peserta demo dari masyarkat atau mahawasiwa. 

    "Itu (massa) menggunakan jas almamater yang beda-beda, hari ini (alamater) kuning, besok biru, besoknya ungu, dan seterusnya, orangnya sama, aktornya sama, yang penting ada insentif," tuturnya. 

    Mayoritas peserta unjuk rasa merupakan pengangguran. Hal itu terlihat tampilan. Tidak sedikit yang kedapatan memiliki tato.

    "Masa iya mahasiswa tatoan sampai leher leher, pakai anting panjang panjang dan seterusnya," tuturnya. 

    Adi menyakini mayoritas peserta aksi bayaran itu tidak mengetahui isu yang sedang diperjuangkan. Hal ini berdampak luas bagi peserta aksi yang benar-benar memperjuangkan aspirasinya sebagai mahasiswa dan buruh. 

    Tidak jarang masa aksi bayaran tersebut diarahkan membuat kericuhan di tengah aksi damai. Pada akhirnya isu yang diperjuangkan buruh dan mahasiswa terkubur kericuhan massa bayaran.

    "Saat ini orang tidak bicara substansi undang-undang omnibus law, orang bicara tentang siapa yang menggerakkan keributan. Lebih berbicara siapa yang menjadi dalang dan siapa yang menunggangi ini semua," jelasnya.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id