Puncak Arus Balik Imlek, 154 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jabotabek

    Fachri Audhia Hafiez - 14 Februari 2021 16:29 WIB
    Puncak Arus Balik Imlek, 154 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jabotabek
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik libur Tahun Baru Imlek terjadi pada Minggu, 14 Februari 2021. Lebih dari 154 ribu kendaraan diprediksi kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek).

    "Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari ini mencapai 154.079 kendaraan," kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Minggu, 14 Februari 2021.






    Menurut Heru, perkiraan itu berdasarkan jumlah kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) barrier atau utama. Empat GT itu meliputi GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama dari arah timur, GT Cikupa dari arah Barat, dan GT Ciawi dari arah Selatan.

    Baca: Usai Libur Imlek, 114 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek

    PT Jasa Marga mengimbau masyarakat mengatur waktu kembali ke Jabotabek. Hal ini guna mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol.

    "Memohon kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari Minggu, 14 Februari 2021, yang diprediksi menjadi puncak arus balik untuk libur Tahun Baru Imlek," ujar Heru.

    Heru menambahkan, rekayasa lalin juga dimungkinkan jika terjadi kemacetan di jalan tol. Salah satunya dengan menerapkan contraflow untuk mengurai kepadatan kendaraan.

    "Jasa Marga terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan," ucap Heru.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id