BNPT Bentuk Satgas Reaksi Cepat Bantu Korban Bom Makassar

    Theofilus Ifan Sucipto - 31 Maret 2021 08:32 WIB
    BNPT Bentuk Satgas Reaksi Cepat Bantu Korban Bom Makassar
    Suasana penjagaan di sekitar lokasi kejadian usai serangan bom bunuh diri di sekitar Gereja Katedral, Makassar. Antara/Darwin Fatir



    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Reaksi Cepat untuk membantu korban bom Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. Satgas terdiri dari berbagai lembaga dan instansi.

    “Satgas ini untuk menyisir kebutuhan dan laporan kejadian di lapangan dengan kegiatan pemulihan korban,” kata Kepala Seksi Pemulihan Sarana dan Prasarana, Nurturyanto, dalam keterangan tertulis, Rabu, 31 Maret 2021.






    Nurturyanto menyebut tim itu terdiri dari BNPT, Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), dan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri. LPSK berperan memberi semangat serta dukungan bagi para korban hingga keluarga.

    “Seluruh proses pemulihan medis hingga psikologis akan menjadi tanggung jawab negara,” tegas dia.

    Nurturyanto memastikan seluruh hak korban dijamin pemerintah, bahkan setelah mereka pulih. Salah satunya, program pendampingan kewirausahaan bagi korban dan warga terdampak.

    “BNPT juga akan membantu memulihkan sarana dan prasarana di sekitar lokasi kejadian yang terdampak akibat bom tersebut,” papar Nurturyanto.

    Baca: 94 Tersangka Teroris Ditangkap Sejak Januari 2021

    Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, diserang bom bunuh diri pada Minggu, 28 Maret 2021. Aksi itu membuat 20 orang mengalami luka berat dan ringan. Korban dievakuasi ke sejumlah rumah sakit, seperti Rumah Sakit Bhayangkara, RS Pelamonia, dan RS Akademis.
     
    Polisi menyebut pelaku bom bunuh diri merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang terlibat dalam serangan Gereja di Jolo Filipina pada 2018. Tim Densus 88 menangkap sejumlah terduga teroris jaringan tersebut selang 2x24 jam.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id