Audit Loyalitas ASN untuk Mencegah Radikalisme

    Fachri Audhia Hafiez - 25 November 2019 06:55 WIB
    Audit Loyalitas ASN untuk Mencegah Radikalisme
    Ilustrasi teroris. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Paham radikalisme perlu dicegah supaya tak memapar Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satunya dengan mengaudit loyalitas abdi negara.

    Wakil Ketua SETARA Institute Bonar Tigor Naipospos mengatakan sejauh ini audit hanya menyasar kinerja dan keuangan saja.

    "Sejauh mana dia loyal kepada empat prinsip dasar negara kita (dalam UUD 1945) dan menjalankan program-program itu berdasarkan empat prinsip dasar," kata Bonar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 24 November 2019.

    Bonar juga mendukung upaya pemerintah membentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menyoroti radikalisme di kalangan ASN. Namun langkah itu harus dilakukan dengan preventif dan edukatif.

    "Kami selalu mendorong adalah supaya pemerintah mengembangkan sebuah internal untuk mendeteksi sejauh mana paham radikalisme itulah terpapar di kalangan ASN," ujar Bonar.

    Sebelumnya Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan pemerintah tengah menggodok satgas khusus untuk menekan radikalisme di kalangan ASN. Dia memastikan setiap kementerian/lembaga akan dibentuk satgas.

    Fachrul menjelaskan seluruh ASN bakal diperiksa soal rasa nasionalisme. Dia memastikan pemeriksaan berlaku di setiap penerimaan ASN.

    "Kenapa kita panggil orang yang enggak ada nasionalismenya, itu wajar saja. Setiap menerima pegawai pasti kita lakukan seperti itu enggak ada yang aneh," ucap Fachrul di di Malang, Jawa Timur, Kamis, 21 November 2019.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id