comscore

Buruh Gelar Demo di DPR dan GBK, Ini Tuntutannya

Antara - 14 Mei 2022 05:49 WIB
Buruh Gelar Demo di DPR dan GBK, Ini Tuntutannya
Ilustrasi massa Partai Buruh berdemonstrasi. Branda Antara
Jakarta: Puluhan ribu buruh akan berdemonstrasi di depan Gedung DPR dan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu, 14 Mei 2022. Ada 18 tuntutan yang disuarakan buruh kepada DPR dan pemerintah.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyampaikan aksi demo ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Buruh Dunia yang berlangsung sejak 1 Mei. Tuntutan yang akan disampaikan buruh, antara lain meminta pemerintah menurunkan harga bahan pokok, serta bahan bakar minyak dan gas.
“Sahkan RUU (Rancangan Undang-Undang) PPRT (Perlindungan Pekerja Rumah Tangga), tolak revisi UU PPP (Pembentukan Peraturan Perundang-undangan), dan tolak revisi UU SP/SB (Serikat Pekerja/Serikat Buruh),” kata Said Iqbal, Sabtu, 14 Mei 2022.

Buruh juga menolak upah murah. Mereka meminta pemerintah menghapus mekanisme pekerja alih daya (outsourcing), menolak kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN), dan meminta pemerintah segera mengesahkan rancangan peraturan pemerintah (RPP) tentang perlindungan anak buah kapal (ABK) dan buruh migran.

Di samping itu, buruh meminta pemerintah dan DPR segera meratifikasi Konvensi ILO Nomor 190 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja. Aksi unjuk rasa kelompok buruh turut meminta aparat penegak hukum berhenti mengkriminalisasi petani.

Tuntutan lainnya, massa buruh meminta pemerintah mengangkat guru dan tenaga honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Kemudian, mendorong perusahaan memastikan status kerja pengemudi motor/mobil online sebagai pekerja bukan mitra, dan memberdayakan sektor informal.

Baca: Ada Demo Buruh, Warga Diimbau Hindari Kawasan Senayan pada 14 Mei

Said Iqbal menyampaikan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR berlangsung pada pukul 10.00 WIB—12.00 WIB. Demo akan dilanjutkan di GBK pada pukul 13.00 WIB—17.00 WIB.

Buruh yang berunjuk rasa di depan Gedung DPR berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Sedangkan, kegiatan di GBK hanya diikuti 50 ribu buruh demi mengikuti ketentuan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Aksi demo juga berlangsung di provinsi lain. Antara lain Yogyakarta, Aceh, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Bengkulu, Riau, Lampung, Gorontalo, dan Kalimantan Timur.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id