Sejumlah Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dari Jakarta Batal Akibat Banjir

    Cindy - 21 Februari 2021 09:26 WIB
    Sejumlah Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dari Jakarta Batal Akibat Banjir
    Ilustrasi kereta api jarak jauh. Dok. Medcom.id



    Jakarta: Seluruh perjalanan kereta api (KA) jarak jauh dari Stasiun Senen untuk waktu keberangkatan hingga pukul 12.00 WIB terpaksa dibatalkan. Pembatalan akibat banjir di jalur kereta antara Kedunggedeh-Lemah Abang.

    "KAI Daop 1 mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa yang mengalami kendala dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasioal KA," kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, lewat keterangan tertulis, Minggu, 21 Februari 2021.






    Eva mengatakan perjalanan KA dari Stasiun Gambir masih dapat berjalan, meski keberangkatan dialihkan dari Stasiun Cikampek. Rute yang masih bisa beroperasi antara lain, KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi dan Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan.

    "Penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan perjalanan menggunakan jasa KA," ucap Eva.

    Keberangkatan penumpang dengan KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung dibatalkan. Sebab, jalur Kedunggedeh-Lemah Abang belum bisa dilalui untuk sementara waktu.

    "Banjir yang merendam jalur kereta tersebut karena meningkatnya debit aliran sungai dari bendungan Kamojing, Pupukujang dan Walahar," kata Eva.

    Baca: Sistem Mitigasi Banjir di Jakarta Dinilai Masih Lemah

    PT KAI akan berupaya memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA. Eva mengatakan keberangkatan KA pada siang nanti dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala.

    Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero). Yakni, aplikasi KAI Access, laman resmi kai.id, contact center 121 jalur (021)121, layanan pelanggan cs@kai.id, serta sosial media @keretaapikita dan @kai121_.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id