BNPB Minta Siskamling Digencarkan untuk Mengantisipasi Bencana Dini Hari

    Fachri Audhia Hafiez - 08 April 2021 08:12 WIB
    BNPB Minta Siskamling Digencarkan untuk Mengantisipasi Bencana Dini Hari
    Kepala BNPB Doni Monardo. Dok. BNPB



    Jakarta: Warga diminta menggencarkan kegiatan sistem keamanan lingkungan (Siskamling). Kegiatan ini dinilai bermanfaat untuk mengantisipasi bencana pada dini hari.

    "Sebaiknya dilakukan sebuah kegiatan seperti siskamling secara bergantian," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam konferensi pers virtual, Rabu malam, 7 April 2021.






    Menurut Doni, warga harus waspada ketika hujan berlangsung lebih dari tiga jam. Mereka yang berada di posisi berisiko tinggi harus bergerak ke lokasi aman.

    "Misalnya yang berada di bawah tebing kemudian berada di wilayah aliran sungai atau di berada di wilayah lembah-lembah yang relatif merupakan kawasan yang rendah," ucap Doni.

    Dia mendorong masyarakat mampu mengevakuasi mandiri berdasarkan arahan kepala desa atau ketua RT setempat. Sehingga, potensi timbulnya korban bisa dicegah.

    Baca: BNPB Terus Cari Lokasi Terisolasi di NTT

    Doni berkaca dari bencana alam yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia menemukan ketua RT yang siaga dan membangunkan warga ketika ada potensi bencana. Warga pun selamat dari bencana.

    "Satu tempat di Kabupaten Alor itu ketua RT bangunin warga pukul 02.00 WITA untuk evakuasi ke tempat yang lebih tinggi sekitar pukul 05.00 dini hari sudah di atas," ujar Doni.

    Belasan wilayah di NTT terdampak bencana alam akibat siklon tropis Seroja pada Minggu, 4 April 2021. Wilayah itu terdiri atas Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Malaka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ngada, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Ende, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Alor, Kabupaten Kupang, Kabupaten Belu, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kota Kupang.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id