108 Hotel di 9 Provinsi Siap Tampung OTG Covid-19

    Putri Anisa Yuliani - 08 Oktober 2020 14:52 WIB
    108 Hotel di 9 Provinsi Siap Tampung OTG Covid-19
    Ilustrasi hotel. Shutterstock
    Jakarta: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mencatat 108 hotel berminat memfasilitasi isolasi warga terpapar covid-19 (korona) berstatus orang tanpa gejala (OTG). Hotel-hotel itu tersebar di provinsi dengan kasus covid-19 tertinggi, antara lain DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

    "Sekarang sudah ada 108 hotel dengan total 13.200 kamar yang tersedia untuk menjadi lokasi isolasi terkendali pasien covid-19 tanpa gejala di sembilan provinsi," kata Ketua PHRI DKI Jakarta Krisnadi, di Jakarta, Kamis, 9 Oktober 2020.

    Krisnadi menyebut jumlah ini bisa saja bertambah tergantung kebutuhan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional. Sebab, data kebutuhan lokasi isolasi pasien covid-19 didapat dari Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

    "Dalam waktu dekat akan bertambah menjadi 13 provinsi. Ini semua tergantung kebutuhan satgas," tutur dia.

    (Baca: Syarat Hotel Jadi Tempat Isolasi OTG Covid-19)

    Sementara itu, sebanyak 19 hotel di Jakarta telah dijadikan lokasi isolasi terkendali. Tiga di antaranya menjadi hotel isolasi bagi pasien dan sembilan lainnya digunakan bagi tenaga kesehatan yang memantau kesehatan para pasien OTG.

    "Untuk pembiayaan nanti berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif karena yang melakukan pembayaran adalah mereka," beber Krisnadi.

    Sebelumnya, Pemperintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusulkan warga berstatus OTG dikarantina di lokasi terkendali, seperti hotel, wisma, dan bangunan yang dikelola pemerintah. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewajibkan warga menjalani isolasi di fasilitas yang dikelola pemerintah agar tidak menularkan kepada anggota keluarga lain, sehingga tidak menimbulkan klaster keluarga.

    Kebijakan ini didukung Pemerintah Pusat dengan membuka Tower 4 dan 5, RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat untuk lokasi isolasi. Pemerintah juga membuka Tower 8 Wisma Atlet Pademangan sebagai lokasi isolasi.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id