Strategi Jitu Kemenhub Cegah Varian Mu

    Patrick Pinaria - 07 September 2021 17:00 WIB
    Strategi Jitu Kemenhub Cegah Varian Mu
    Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Foto: MI/Arya Manggala)



    Jakarta: Seluruh negara sedang digemparkan dengan kemunculan mutasi baru covid-19, varian mu. Varian tersebut bahkan sudah terdeteksi menyebar di 40 negara.

    Cepatnya penyebaran virus mu lantas menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Pemerintah langsung menyiapkan sejumlah strategi guna mencegah virus tersebut masuk ke Tanah Air. Salah satunya melalui transportasi.

     



    "Sesuai arahan bapak Presiden Joko Widodo kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru covid-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasinya," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dikutip dari Antara, Selasa, 7 September 2021.

    Budi menyebut dua simpul transportasi berpotensi menjadi pintu masuk varian mu masuk, yakni bandara dan pelabuhan internasional. Ia pun memastikan pihak Kemenhub akan melakukan pengendalian di kedua simpul transportasi tersebut.

    Demi memperlancar strategi pengendalian tersebut, Kemenhub berkonsolidasi dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Mulai dari Kemenlu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas Penanganan Covid-19, Ditjen Imigrasi, dan pihak terkait lainnya.

    "Untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan, dalam rangka mencegah masuknya varian baru covid-19," lanjut Budi.

    Kemenhub juga akan berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan penjagaan. Kemenhub terus meminta pendapat epidemiolog dan mencari informasi tentang pengalaman negara lain.

    Kemenhub juga berkoordinasi dengan operator sarana dan prasarana transportasi. Seluruh pemangku kepentingan diminta menjalankan protokol kesehatan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap varian baru covid-19.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan kewaspada terhadap varian baru COVID-19 (varian mu atau B.1.621) pada Rapat Evaluasi PPKM, Senin, 6 September 2021. Presiden meminta Menhub Budi untuk membantu mencegah varian baru tersebut masuk ke Indonesia.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id