Ma'ruf: Angka Pengangguran Tinggi karena Ketidaksiapan Masyarakat

    Antara - 09 Juni 2021 06:20 WIB
    Maruf: Angka Pengangguran Tinggi karena Ketidaksiapan Masyarakat
    Wapres Ma'ruf Amin memantau vaksinasi di Kantor MUI, Jakarta, Rabu, 7 April 2021. Foto: BPMI Setwapres



    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan penyebab tingginya angka pengangguran di Indonesia, yang mencapai 8,75 juta orang, karena ketidaksiapan masyarakat. Publik sulit 'menyelami' perubahan di dunia kerja dan industri.

    "Masih relatif tingginya angka pengangguran dan rendahnya daya saing, antara lain disebabkan ketidaksiapan untuk beradaptasi terhadap perubahan dengan disrupsi yang mengikutinya," kata Ma’ruf dalam acara Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa, 8 Juni 2021.

     



    Ma'ruf menyebut tingginya angka pengangguran di Indonesia diperburuk dengan pandemi covid-19 yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) berdampak terhadap 19,1 juta pekerja. Di sisi lain, jumlah penduduk usia produktif terus meningkat, sedangkan masyarakat yang memiliki pengalaman pelatihan kerja sangat sedikit.

    Baca: Menaker Lapor ke Wapres Angka Pengangguran Turun

    Menurut dia, kecepatan, ketepatan, dan efisiensi menjadi fondasi penting untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap bersaing. Pekerja harus mampu menghadapi isu teknologi digital, seperti big data, artificial intelligent, dan internet of things.

    Untuk mewujudkan tenaga kerja andal, pemerintah daerah, swasta, akademisi, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga keagamaan harus terlibat aktif bersama pemerintah pusat. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian.

    "Diperlukan keterlibatan pemerintah daerah, BUMN, swasta, perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, termasuk lembaga keagamaan seperti pondok pesantren yang tersebar di berbagai pelosok daerah," ujar Ma'ruf.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id