Cari KRI Nanggala-402, Kapal Tiongkok Lakukan 13 Operasi Bawah Laut

    Theofilus Ifan Sucipto - 18 Mei 2021 11:12 WIB
    Cari KRI Nanggala-402, Kapal Tiongkok Lakukan 13 Operasi Bawah Laut
    Atase Pertahanan Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, Senior Colonel Chen Yongjing, dalam konferensi pers. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto



    Jakarta: Sebanyak tiga kapal dari Tiongkok membantu Indonesia mencari kapal selam KRI Nanggala-402. Tim sudah belasan kali menggelar operasi bawah laut.

    “Alat penyelam sudah melakukan 13 kali operasi di bawah laut,” kata Atase Pertahanan Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, Senior Colonel Chen Yongjing, dalam konferensi pers, Selasa, 18 Mei 2021.

     



    Chen menyebut kapal Tiongkok yang diterjunkan, yakni Ocean Salvage and Rescue Yongxingdao-863, Ocean Tug Nantuo-185, dan Scientific Salvage Tan Suo 2. Seluruh kapal berupaya mencari puing-puing KRI Nanggala-402.

    “Mengumpulkan banyak gambar, video, dan sukses mengangkat bagian yang ringan,” papar dia.

    (Baca: Posisi Tiga Bagian KRI Nanggala-402 Ditemukan)

    Seluruh temuan langsung diserahkan ke TNI Angkatan Laut (AL). Pihak Tiongkok dan TNI AL telah menggelar empat kali rapat koordinasi untuk menjaga komunikasi ihwal misi tersebut.

    Saat ini, tugas tiga kapal Tiongkok telah beralih dari observasi ke tahap pengangkatan puing dari laut dalam. Pasalnya, proses tersebut bukan hal mudah.

    “Kami berupaya penuh melaksanakan pengangkatan berdasarkan keadaan nyata di bawah laut dan kemampuan kapal kami,” tutur Chen.

    KRI Nanggala-402 hilang kontak saat latihan penembakan torpedo di perairan utara Bali pada Rabu, 21 April 2021. Kapal selam dengan 53 awak itu ditemukan berada di palung laut sedalam 838 meter.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id