Ini Alasan Kenapa Dosis Ketiga yang akan Disuntikkan ke Nakes Bukan Lagi Sinovac

    MetroTV - 09 Juli 2021 22:16 WIB
    Ini Alasan Kenapa Dosis Ketiga yang akan Disuntikkan ke Nakes Bukan Lagi Sinovac
    Seorang tenaga kesehatan tengah mendapatkan vaksinasi. Foto: MI/Susanto



    Jakarta: Kementerian Kesehatan memutuskan akan memberikan vaksin dosis ketiga untuk tenaga kesehatan. Pemberian vaksin booster ini untuk meningkatkan antibodi nakes yang merupakan garda terdepan menghadapi pandemi covid-19.

    Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dokter Dante Saksono Harbuwono mengatakan vaksin yang akan diberikan ke nakes tak lagi Sinovac seperti yang sudah diberikan pada dosis pertama dan kedua. Para nakes akan mendapat suntikan vaksin Moderna.

     



    "ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) sudah menyetujui format seperti ini, maka itu kita berani mengumumkan," kata Dante dalam program Prime Talk di Metro TV, Jumat, 9 Juli 2021.

    Sebelum memutuskan menggunakan Moderna, kata Dante, Kementerian Kesehatan telah berdiskusi dengan ITAGI. Pemerintah juga melihat perbandingan serta contoh dari negara lain sebagai acuan.

    "Kita melihat sebagai contoh di berbagai negara itu menggunakan format yang hampir sama. Misalnya, saya ambil contoh di AUA (American University of Armenia), mereka menggunakan format Sinopharm - Sinopharm - Pfizer. Ini sama kita menggunakan Sinovac - Sinovac - Moderna," kata Dante.

    Menurutnya, langkah ini harus diambil pemerintah guna memberikan perlindungan ekstra terhadap nakes. Mengingat, saat ini sudah terjadi mutasi pada virus korona Sars-Cov2. Berdasarkan sejumlah studi, vaksin Moderna disebut ampuh menahan gempuran varian delta yang saat ini merajalela di Indonesia.

    "Kita lakukan kepada nakes karena mereka adalah garda terdepan yang ekosistem viral load-nya sangat tinggi. Dengan begitu, mereka harus diutamakan sehingga bisa melayani kita dengan baik," kata Dante. (Nuansa Islami)

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id