Pemeriksaan Massal, Dinkes Jaksel Belum Terima Data Pasien Positif Korona

    Cindy - 23 Maret 2020 20:18 WIB
    Pemeriksaan Massal, Dinkes Jaksel Belum Terima Data Pasien Positif Korona
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Pelaksanaan tes cepat virus korona (covid-19) atau rapid test di kawasan Jakarta Selatan sudah berjalan. Namun, hasil tes belum bisa disampaikan kepada publik.

    "Kami belum terima data pasien yang positif korona, karena hasilnya mesti dilaporkan ke Kementerian (Kesehatan)," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Muhammad Helmi saat dihubungi, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

    Helmi mengatakan tak seluruh masyarakat bisa menjalani rapid test. Pemeriksaan hanya kepada orang dalam pemantauan (ODP) yang memiliki riwayat berkontak langsung dengan pasien positif korona.

    "Dilakukan ke rumah-rumah mereka yang masih isolasi (mandiri). Nanti kita trek melihat wilayah rumahnya, nanti petugasnya datang (untuk rapid test)," ucap Helmi.

    Helmi menjelaskan alat rapid test yang disalurkan pemerintah terbatas, sehingga membutuhkan banyak waktu. Pengecekan itu dilakukan jajarannya beserta sejumlah tim dari puskesmas setempat.

    "Karena enggak mungkin sendirian juga, kalau dari suku dinas saja enggak cukup. Satu tim kira-kira butuh dua sampai tiga orang," ujar Helmi.

    Baca: Pasien Positif Covid-19 di Kepri Jadi 5 Orang

    Jumlah kasus positif covid-19 kembali bertambah per Senin, 23 Maret 2020. Ada penambahan 65 kasus baru covid-19 yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia.
     
    "Sehingga total kasus pada hari ini menjadi 579 kasus," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona Achmad Yurianto di Graha Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Jakarta Timur, Senin, 23 Maret 2020.
     
    Jumlah korban meninggal pasien covid-19 bertambah satu orang. Sehingga, total kasus meninggal covid-19 berjumlah 49 orang.

    Kasus pasien sembuh juga bertambah satu orang. Hal itu diketahui dari hasil uji spesimen sebanyak dua kali dan dinyatakan sembuh. Jadi total kasus sembuh menjadi 30 orang.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id