Blok Khusus untuk Warga Binaan Terpapar Korona

    Antara, M Sholahadhin Azhar - 21 Maret 2020 06:00 WIB
    Blok Khusus untuk Warga Binaan Terpapar Korona
    Lapas Kelas II Sukabumi, Jawa Barat/MI/Benny Bastiadi
    Jakarta: Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) menyiapkan prasarana penanganan covid-19 di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan). Tindakan ini mengantisipasi warga binaan yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien positif korona.

    "Maka beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan disiapkan menjadi tempat rujukan isolasi mandiri bagi WBP," kata Pelaksana Tugas Direktur Jenderal PAS Nugroho seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 21 Maret 2020.

    Baca: Pemerintah Diminta Pantau Kondisi Warga Binaan
     
    UPT yang disiapkan antara lain di Rumah Sakit Umum Pengayoman Cipinang, Lapas Kelas IIA Cikarang, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Lapas Kelas IIA Serang, dan Lapas Perempuan Kelas IIB Manado. Nugroho memastikan setiap UPT Pemasyarakatan di Kantor Wilayah Kemenkumham memiliki satuan petugas khusus covid-19.

    Elite Ditjen PAS, Kepala Divisi Pemasyarakatan, dan UPT Pemasyarakatan se-Indonesia telah menggelar rapat terkait hal ini. Dalam rapat tersebut, ada usulan menjadikan UPT Pemasyarakatan sebagai rujukan isolasi mandiri bagi warga binaan.

    Selain itu, jajaran Ditjen PAS di wilayah juga diperintahkan menyediakan alat pelindung diri, termasuk bagi petugas kesehatan di lapas dan rutan. UPT Pemasyarakatan juga diminta segera menyusun kebutuhan sarana prasarana penanganan COVID-19 bagi warga binaan.

    Tahanan dan warga binaan yang telah kontak dengan orang luar, seperti setelah sidang atau bertemu pengacara, harus menjalani pemeriksaan kesehatan oleh satuan petugas khusus. Untuk mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan lapas dan rutan.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id