Pemerintah Ingin Seluruh Rumah Sakit Lakukan Tes Cepat Korona

    Nur Azizah - 19 Maret 2020 11:37 WIB
    Pemerintah Ingin Seluruh Rumah Sakit Lakukan Tes Cepat Korona
    ilustrasi. ANT/Idhad Zakaria
    Jakarta: Pemerintah ingin seluruh rumah sakit (RS) melakukan rapid test atau tes cepat untuk mendiagnosis covid-19. Rapid test dinilai mampu mencakup pasien yang lebih besar.

    "Segera lakukan rapid test dengan cakupan lebih besar agar deteksi dini indikasi awal seseorang terpapar covid-19 bisa dilakukan," kata Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait penanganan covid-19 di Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

    Jokowi juga mau sejumlah lembaga riset melakukan rapid test, seperti Eijkman, Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP).

    "Saya minta alat dan tempat untuk melakukan tes diperbanyak," ujar dia.

    Baca: Pasien Positif Korona di Jakarta Jadi 208 Orang, 17 Meninggal

    Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta protokol kesehatan dibuat lebih rigid dan mudah dipahami. Harus ada ketentuan siapa yang boleh melakukan karantina sendiri dan dilayani rumah sakit.

    "Protokol kesehatan alurnya harus jelas dan mudah dipahami. Ini penting, terkait hasil rapid test, apakah dengan karantina mandiri atau memerlukan layanan RS. Protokol kesehatan yang jelas," kata dia.

    Rapid test akan melihat kondisi imunoglobulin pada darah seseorang. Keuntungannya, metode rapid test tidak membutuhkan sarana pemeriksaan laboratorium pada bio security level 2, sehingga bisa dilaksanakan semua laboratorium kesehatan di rumah sakit.

    Namun, pemeriksaan ini memiliki kekurangan. Pemeriksaan ini hanya bisa dilakukan kepada seseorang yang sudah terjangkit korona selama satu minggu.

    Bila belum terinfeksi atau terinfeksi kurang dari seminggu kemungkinan pembacaan imunoglobulin memberikan hasil negatif.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id