NasDem Hormati Hak Presiden Soal Koalisi

    Faisal Abdalla - 12 Oktober 2019 12:01 WIB
    NasDem Hormati Hak Presiden Soal Koalisi
    Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: MI/Rommy Pujianto
    Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, enggan berkomentar terkait potensi masuknya Demokrat dan Gerindra ke Koalisi Indonesia Kerja. Surya menyerahkan sepenuhnya urusan koalisi ke Presiden Joko Widodo.

    "Itu hak prerogatif Presiden," kata Surya usai menjenguk Menkopolhukam Wiranto di RSPAD, Jakarta Pusat, Sabtu, 12 Oktober 2019. 

    Surya mengaku tak keberatan bila Partai Gerindra dan Partai Demokrat merapat ke koalisi. Karena jika hal itu terjadi, maka Presiden merasa membutuhkan dukungan dua partai oposan itu.

    Dia tak ambil pusing. Surya hanya menegaskan dukungan NasDem pada Jokowi tanpa syarat. 

    "(NasDem) menyerahkan semua (kepada Presiden), kalau tidak, nanti ada inkonsistitensi.  Katanya mau dukung tanpa syarat, belum berapa lama sudah berubah pakai syarat," ujarnya.

    Sikap ini juga ditunjukkan Surya terkait kabinet. Menurut dia, penyusunan kabinet memang menjadi hak prerogratif Jokowi, dan partainya lepas tangan.

    NasDem tak pernah mengemis jatah kursi menteri kepada Jokowi. Namun Surya menegaskan dukungan partainya tak akan berubah.

    "Tak masalah bagi NasDem, ada di kabinet boleh, tak ada di kabinet juga tidak masalah. Tapi dukungan pada Jokowi terus jalan, sudah jelas," ujarnya.

    Wacana masuknya Partai Demokrat dan Partai Gerindra ke dalam koalisi pemerintahan Jokowi kembali berembus. Ini setelah Jokowi bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto belum lama ini.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id