Headline News

    Masyarakat Diminta Waspadai Hujan Lebat Hingga Oktober Mendatang

    MetroTV - 14 September 2021 21:08 WIB
    Masyarakat Diminta Waspadai Hujan Lebat Hingga Oktober Mendatang
    Hujan lebat berpotensi mengguyur Jabodetabek. Foto: Dok/Medcom



    Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang tengah melanda Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hujan lebat ini diprediksi akan berlangsung hingga awal Oktober mendatang.

    Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachry Rajab menjelaskan, periode peralihan musim kemarau ke musim penghujan merupakan penyebab dari terjadinya hujan lebat. Namun, prediksi hujan berintensitas tinggi disertai angin kencang ini hanya berlangsung dalam waktu singkat.

     



    "Dalam periode atau durasi yang singkat dan ini masih berpotensi terjadi sampai dengan awal Oktober nanti," kata Fachry dalam tayangan Headline News Metro TV pada Selasa, 14 September 2021.

    Fachry menerangkan, bencana alam ini berpotensi memberikan sejumlah dampak. Masyarakat diharapkan dapat melakukan berbagai langkah guna mengantisipasi terjadinya banjir bandang, memastikan saluran air dapat menerima dan mengalirkan air dengan baik.

    “Level siaga antara lain Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bogor,” jelas Fachry.

    Fachry pun mengingatkan, masyarakat dapat mulai memangkas pohon rimbun disekitar lingkungan. Ia menginstruksikan, sejumlah wilayah dapat melakukan langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi periode peralihan ini.

    "Masyarakat yang beraktivitas di luar ruang mungkin bisa menyesuaikan dengan kondisi hujan, bawa payung, jas hujan, dan yang berkendara agar lebih berhati-hati," kata dia. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id