Satgas Covid-19: Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 Aman dan Bermutu

    Theofilus Ifan Sucipto - 01 Juni 2021 16:16 WIB
    Satgas Covid-19: Vaksin AstraZeneca Batch CTMAV547 Aman dan Bermutu
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menegaskan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 aman dan bermutu. Hal itu berdasarkan laporan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    "Toksisitas abnormal dan sterilitas vaksin AstraZeneca batch itu memenuhi syarat mutu dan aman digunakan," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 1 Juni 2021.

     



    Wiku berharap hasil temuan itu bisa diterima masyarakat. Sehingga, program vaksinasi nasional terus berjalan dan semakin banyak orang divaksin covid-19.

    Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sempat menghentikan distribusi dan penggunaan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547. Juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut penghentian untuk menguji toksisitas dan sterilitas oleh BPOM.

    BPOM memastikan vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 aman. Kepastian ini didapat setelah Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) dan Komnas Kejadian Imunisasi PascaBayar Ikutan (KIPI) melakukan uji toksisitas.
     
    "Pada 25 Mei 2021, PPPOMN telah menerbitkan laporan pengujian vaksin covid-19 AstraZeneca batch CTMAV547 dengan kesimpulan toksisitas abnormal dan sterilitas vaksin covid-19 AstraZeneca batch CTMAV547 memenuhi syarat mutu dan aman digunakan," kata Kepala BPOM Penny Lukito dalam keterangan tertulis.

    Baca: Erick Thohir Ingin Indonesia Bisa Produksi Vaksin Covid-19 Sendiri
     
    Menurut Penny, berdasarkan hasil pengujian tersebut, tidak ada keterkaitan antara mutu vaksin covid-19 AstraZeneca CTMAV547 dengan KIPI yang dilaporkan. Vaksin AstraZeneca CTMAV547 dapat digunakan kembali.

    Vaksin untuk Indonesia

    Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.

    "Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.

    Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id