Jemaah Indonesia Sudah Bisa Umrah, Ketum Amphuri Apresiasi Upaya Pemerintah

    MetroTV - 09 Oktober 2021 22:25 WIB
    Jemaah Indonesia Sudah Bisa Umrah, Ketum Amphuri Apresiasi Upaya Pemerintah
    Arab Saudi kembali membuka pintu jemaah Indonesia yang ingin beribadah umrah. (foto: MetroTV)



    Jakarta: Pemerintah Arab Saudi resmi membuka pintu bagi jemaah asal Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah umrah. Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Firman M Nur pun mengapresiasi upaya pemerintah akan hal tersebut.

    “Ini kami apresiasi karena memang kita telah mendengar bahwa beberapa usaha telah dilakukan oleh pemerintah dengan sungguh-sungguh,” kata Firman dalam program Primetime News di Metro TV, Sabtu, 9 Oktober 2021.

     



    Masyarakat Indonesia yang akan melakukan ibadah umrah diharuskan sudah melakukan vaksinasi tahap kedua. Jemaah umrah yang sudah divaksinasi jenis Moderna, Pfizer, AstraZeneca, Johnson & Johnson, Sinopharm dan Sinovac dapat langsung melaksanakan ibadah ke Mekkah maupun Madinah. Selain itu, hasil tes PCR juga harus negatif.

    Untuk jemaah yang belum bisa divaksinasi maka harus dikarantina selama lima hari. Karantina tersebut menyebabkan adanya penyesuaian biaya umrah.

    Firman memang belum bisa memastikan besaran biaya yang harus dibayarkan untuk melaksanakan ibadah umrah. Namun, melihat dari masa uji coba pelaksanaan ibadah umrah maka harganya diperkirakan sebesar Rp26 juta.

    “Masa uji coba pelaksanaan ibadah umroh pada November 2020 - awal Februari 2021, sekitar tiga sampai empat bulan harga referensinya sudah menjadi Rp26 juta,” jelas Firman.

    Firman berharap adanya sinergitas antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Luar Negeri. Hal ini untuk memastikan semua tahapan proses pelaksanaan perjalanan ibadah umrah tidak akan terganggu. (Widya Finola Ifani Putri)

    (PRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id