Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan Digelar 12 April

    Nur Azizah - 02 April 2021 11:33 WIB
    Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan Digelar 12 April
    Ilustrasi. Santri melihat posisi hilal untuk menentukan awal Ramadan. Antara/Mohammad Ayudha



    Jakarta: Sidang isbat penetapan awal Ramadan 1442 Hijriah digelar pada 12 April 2021. Sidang berjalan kombinasi daring dan luring.

    "Karena masih pandemi, sidang akan kembali digelar secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 2 April 2021.






    Pelaksanaan sidang isbat ini sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. Sidang isbat selalu digelar setiap tanggal 29 bulan sebelumnya pada sistem kalender Hijriah.

    "Misalnya, sidang isbat awal Ramadan digelar pada 29 Syaban, awal Syawal digelar 29 Ramadan. Karenanya, sidang isbat awal Ramadan ini digelar pada 29 Syaban yang bertepatan 12 April 2021,” kata Kamaruddin.

    Baca: Pemerintah Masih Kaji Aturan Salat Tarawih di Masa Pandemi

    Sidang isbat akan diawali dengan seminar posisi hilal awal Ramadan dan pelaksanaan rukyatul hilal. Secara hisab, lanjut Kamaruddin, posisi hilal awal Ramadan 1442 Hijriah sudah di atas ufuk. Berkisar antara 2 derajat 37 menit sampai 3 derajat 36 menit.

    Hasil hisab ini kemudian dikonfirmasi melalui Rukyatul Hilal yang akan digelar di 86 titik di seluruh Indonesia. "Di Jakarta, rukyatul hilal antara lain akan dilaksanakan di gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Kepulauan Seribu, Masjid KH Hasyim Asy'ari, dan Masjid Al Musyari'in Basmol," jelas Kamaruddin.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id