Jurnalis Merahputih.com Hilang Kontak Saat Meliput Demo UU Ciptaker

    Siti Yona Hukmana - 09 Oktober 2020 04:45 WIB
    Jurnalis Merahputih.com Hilang Kontak Saat Meliput Demo UU Ciptaker
    Halte Bus TransJakarta Sarinah hangus dibakar pengunjuk rasa penolak pengesahan UU Cipta Kerja di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
    Jakarta: Jurnalis Merahputih.com, Ponco Sulaksono, tak diketahui keberadaannya saat meliput demonstrasi penolakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) di Monas, Gambir, Jakarta Pusat. Ponco tak bisa dihubungi hingga Jumat dini hari, 9 Oktober 2020.

    "Terakhir Ponco mengirim berita melaporkan situasi demo penolakan UU Omnibus Law di kawasan Gambir ke redaksi pukul 15.14 WIB," kata Kepala Kompartemen News Merahputih.com Alwan Ridha Ramdani melalui keterangan tertulis, Kamis, 8 Oktober 2020. 

    Alwan menduga Ponco ditangkap saat terjadi bentrokan antara aparat dengan pedemo di Gambir.  Hal itu diketahui dari saksi yang melihat Ponco. 

    "Sampai saat ini reporter yang bersangkutan juga masih belum bisa dihubungi. Tim redaksi Merahputih.com terus mencari informasi ke beberapa titik mulai Polsek Gambir, Polres Jakarta Pusat, dan Polda Metro Jaya, tetapi masih belum membuahkan hasil informasi keberadaan Ponco," ungkap Alwan. 

    Beberapa saksi, kata Alwan, mengaku melihat Ponco sempat terjatuh saat kericuhan di sekitar Tugu Tani, Jakarta Pusat. Namun, Alwan tak mau langsung memercayai informasi itu,

    "Kami masih mencari detail info tersebut dan belum bisa dikonfirmasi secara benar," ujar dia. 

    Menurut dia, redaksi Merahputih.com dan rekan-rekan jaringan wartawan di lapangan telah menyisir sejumlah rumah sakit di sekitar Gambir. Namun, mereka tak menemukan keberadaan Ponco.

    Baca: 600 Lebih Pedemo di Jatim Ditangkap, Didominasi Pelajar

    Redaksi Merahputih.com berkoordinasi dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Jakarta untuk mencari jurnalis yang biasa meliput bidang hukum itu. Alwan meminta kepolisian mengabarkan keberadaan Ponco jika memang turut ditangkap saat kericuhan agar bisa memberikan pendampingan hukum. 

    "Begitu pula jika ada pihak-pihak yang mengetahui keberadaan Ponco bisa menghubungi 08562010410," tutur dia. 


    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id