Kapolri Persilakan Anak Awak KRI Nanggala-402 Jadi Polisi

    Theofilus Ifan Sucipto - 29 April 2021 15:19 WIB
    Kapolri Persilakan Anak Awak KRI Nanggala-402 Jadi Polisi
    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Antara/Galih



    Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberi kesempatan anak awak kapal selam KRI Nanggala-402 menjadi bagian dari Korps Bhayangkara. Sikap ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa prajurit yang tergabung dalam kesatuan Hiu Kencana itu.

    "Kepada Bapak dan Ibu yang mempunyai putra-putri yang akan mengabdi di kepolisian akan difasilitasi," kata Listyo dalam keterangan tertulis, Kamis, 29 April 2021.






    Menurut Listyo, seluruh keluarga awak KRI Nanggala-402 merupakan bagian dari Polri. Pihak keluarga diminta tidak sungkan meminta bantuan pada kepolisian. 

    "Permasalahan dengan surat-surat yang diperlukan akan dibantu. Sampaikan saja saya dari keluarga besar Kapal Nanggala-402," papar dia. 

    KRI Nanggala-402 subsunk atau tenggelam, dan seluruh awak dinyatakan gugur. Kapal selam dengan 53 awak itu ditemukan berada di palung laut sedalam 838 meter.

    Baca: Jokowi Janji Bangun Rumah untuk Keluarga 53 Awak Nanggala-402

    TNI AL masih membahas skema evakuasi kapal selam KRI Nanggala-402. Sebab, kapal tenggelam hingga 838 meter sehingga butuh strategi yang matang.

    “Masih didiskusikan bagaimana cara mengangkatnya,” kata Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) KASAL Laksamana Muda Muhammad Ali dalam konferensi pers, Selasa, 27 April 2021.

    Ali mengatakan ada beberapa skema evakuasi kapal yang bisa dilakukan. Namun, tingkat kesulitan tergantung dari kedalaman kapal.

    Kapal selam milik TNI kini tersisa empat, yaitu satu kapal selam sejenis KRI Nanggala-402, yakni KRI Cakra-401. Tiga kapal selam lainnya, yakni Nagapasa-403, Ardadedali-404, dan Alugoro-405 buatan Daewoo, Korea Selatan, yang merupakan barang anyar.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id