Pendidikan di Indonesia Butuh Pembaruan

    Cindy - 08 November 2020 05:00 WIB
    Pendidikan di Indonesia Butuh Pembaruan
    CEO Media Group Mirdal Akib. Istimewa
    Jakarta: CEO Media Group, Mirdal Akib, mengatakan pendidikan seharusnya berpengaruh dan menentukan keberhasilan seseorang di dunia kerja. Terkait hal ini, dia menyebut sistem pendidikan Indonesia butuh pembaruan, terutama terkait kebutuhan industri 4.0.

    "Link and match antara dunia kampus dan kerja makin ke sini semakin jauh. Sekarang mereka melamar pekerjaan yang sudah tidak ada, akuntansi misalnya, sekarang sudah pakai sistem aplikasi," kata Mirdal dalam diskusi daring, Sabtu, 7 November 2020.  

    Menurut dia, hampir sebagian lulusan baru (fresh graduate) belum siap pakai. Sebab, mereka tak dibekali praktik yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

    "Dosen zaman saya kuliah sampai sekarang masih sama, buku yang dibaca 20-30 tahun lalu, dosennya 10 tahun lalu, bagaimana bisa mempersiapkan anak-anak untuk 20 tahun yang akan datang?," tanya Mirdal.

    Mirdal mengatakan dunia pendidikan perlu terobosan baru untuk menumbuhkan karakter generasi muda yang kuat dan matang. Sehingga, para lulusan baru itu mampu bertarung di dunia industri 4.0.  

    "Pengalaman kami di Media Group, fresh graduate itu perlu training lagi enam bulan melalui development program. Baru setelah itu terjun ke lapangan," ucap dia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id