11 Ribu Warga Menjalani Tes Spesimen Korona

    Nur Azizah - 06 April 2020 16:20 WIB
    11 Ribu Warga Menjalani Tes Spesimen Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 11.242 masyarakat Indonesia telah menjalani tes spesimen covid-19. Hasilnya, sekitar 80 persen dari total itu dinyatakan negatif korona.

    "Tapi masih ada juga sebagian tenaga kesehatan yang terpaksa harus menderita penyakit ini dan gugur di dalam melaksanakan tugasnya," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan kasus Covid-19 Achmad Yurianto di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 6 April 2020.

    Pemerintah berjanji akan terus mendistribusikan alat pelindung diri (APD) ke daerah-daerah covid-19. APD ini penting guna melindungi petugas medis saat bertugas.

    "Komitmen pemerintah tetap dan akan diperkuat dengan cara mendistribusikan terus-menerus alat pelindung diri sebagai bagian kelengkapan dari petugas kesehatan," ujar dia.

    Baca: Pasien Positif Korona di Jakarta Menjadi 1.268 Orang

    Hingga sore ini, total kasus positif korona mencapai 2.491 atau bertambah 218 kasus. Untuk kasus meninggal meningkat 11 kasus, menjadi 209 korban jiwa.

    Kemudian, jumlah pasien sembuh bertambah 28 orang sehingga totalnya menjadi 192 orang. Banyaknya kasus positif, menurut Yurianto, menunjukkan jika virus korona ini masih ada di tengah-tengah warga.

    "Ini menandakan bahwa proses penularan masih berlangsung terus-menerus di tengah masyarakat kita. Ini juga bisa kita maknai bahwa ada kasus positif yang masih berada di tengah-tengah kita," kata Yurianto.

    Dia juga menyebut masih banyak masyarakat yang abai dengan seruan jaga jarak atau social distancing. Ini terlihat dari angka penularan yang makin tinggi.

    "Ada kontak dekat yang terjadi dengan kasus ini sehingga kemudian terjadi penularan dan memunculkan angka yang sakit jadi tinggi," kata dia.

    Yurianto menekankan agar warga patuh dengan imbauan jaga jarak dan menerapkan etika batuk dan bersin. Dia juga mengajak warga untuk tidak menggunakan alat makan bersama dan rutin mencuci tangan.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id