Alasan Masker N95 Jadi Barang Gaib

    Zaenal Arifin - 05 Februari 2020 10:23 WIB
    Alasan Masker N95 Jadi Barang Gaib
    Warga membeli masker di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso/hp.
    Jakarta: Masker jenis N95 menjadi gaib beberapa hari belakangan. Alat bantu penangkal virus ini sulit ditemukan. Jika pun ada, harganya meroket. Masker ini menjadi buruan seiring maraknya pemberitaan wabah virus korona (2019-nCov). 

    Eko, 24, penjaga toko obat-obatan dan peralatan kesehatan di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, mengatakan produsen dan distributor masker N95 kewalahan melayani permintaan agen toko penjual peralatan medis.

    "Dari produsen dan distributornya juga sudah enggak mampu (menyediakan masker N95)," ucap Eko ditemui di lokasi, Selasa, 4 Februari 2020.

    Sebelum masker N95 banyak dicari masyarakat, Eko bisa menyetok 10 karton yang berisi delapan boks masker. Lantaran sekarang langka, ia tak lagi menyediakan masker N95 karena harus bersaing dengan penjual lain untuk membeli masker dari distributor.

    "Masih ada sebenarnya, tapi sulit sekali karena banyak juga penjual di sini yang nyari. Cepat-cepatan dapatnya," ujarnya.

    Modal yang dikeluarkan juga naik sejak pemberitaan mengenai virus corona merebak di masyarakat. "Dulu belinya di bawah Rp200 ribu. Sekarang banyak distributor yang naikin harga jadi Rp500-800 ribu. Mau enggak mau kami juga naikin harga," kata Eko.

    Satu boks masker N95 berisi 20 buah masker di Pasar Pramuka kini dijual berkisar Rp1,5-2 juta. Kelangkaan menyebabkan banyak pembeli yang kecewa lantaran tak bisa membeli masker yang diyakini bisa menangkal penyebaran virus korona itu.

    "Maskernya itu kan bahannya lebih tebal. Beda sama yang sering dipakai. Mereka katanya buat dipakai sendiri biar enggak kena virus korona. Banyak juga yang dijual lagi," ujarnya.





    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id