Aturan Pengunjung Rutan KPK Diperketat

    Fachri Audhia Hafiez - 17 Maret 2020 20:38 WIB
    Aturan Pengunjung Rutan KPK Diperketat
    Ilustrasi. Medcom.id.
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mengeluarkan sejumlah kebijakan guna mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Salah satunya, membatasi pengunjung rumah tahanan (rutan) cabang KPK.

    "Sudah ada pembatasan dan ini berlaku besok mulai Rabu, 18-31 Maret 2020 di mana tidak ada kunjungan khusus di rutan cabang KPK," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 17 Maret 2020.

    Kendati begitu, kuasa hukum tersangka terdakwa masih diizinkan bertemu kliennya. Hal ini bersinggungan dengan hak penghuni rutan.

    Selain penasihat hukum, barang kunjungan masih diperbolehkan masuk sesuai dengan jadwal, yakni Senin dan Kamis. "Tentu dengan mematuhi imbauan dan aturan-aturan yang sudah ditentukan dari pihak rutan terkait antisipasi penyebaran virus korona ini," ujar Ali.

    Baca: Pegawai KPK Diizinkan Kerja dari Rumah

    Aturan kunjungan akan kembali normal pada Rabu, 1 April 2020. Namun kebijakan ini bersifat situasional dengan melihat perkembangan penyebaran virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok tersebut.

    Kabijakan lain yaitu pegawai KPK diminta bekerja dari rumah. Aturan itu termaktub dalam Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prosedur Bekerja dari Rumah (BDR) bagi Pegawai KPK tertanggal 16 Maret 2020.

    Namun, kebijakan tersebut tidak berlaku bagi bidang penindakan. Sebab, waktu kerja mereka terbatas.

    "Misalnya seperti penahanan dan pelimpahan perkara ini kan kemudian menjadi keharusan atas perintah undang-undang sehingga teman-teman di penindakan masih tetap bekerja. Termasuk pemeriksaan dan permintaan keterangan kepada para saksi dan persidangan di berbagai daerah termasuk di Pengadilan Tipikor di Jakarta Pusat," tegas Ali.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id