Polri Gelar Operasi Penanganan Korona

    Kautsar Widya Prabowo - 21 Maret 2020 18:15 WIB
    Polri Gelar Operasi Penanganan Korona
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Polri menggelar operasi Aman Nusa II 2020. Operasi ini sebagai langkah penanganan virus korona (covid-19).

    "Polri berkoordinasi dengan BNPB, TNI, dan pemerintah daerah melaksanakan kegiatan operasi," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono, melalui keterangan tertulis, Jumat, 20 Maret 2020.

    Argo menjelaskan Polri selaku anggota Gugus Tugas Percepatan Penangan virus covid-19 fokus melakukan langkah pencegahan, penanggulangan, dan penegakan hukum. Operasi digelar selama 30 hari di seluruh wilayah di Indonesia.

    Pada langkah preventif akan dilakukan pemetaan wilayah rawan penyebaran covid-19. Masyarakat diimbau membatasi diri dari interaksi sosial, keramaian, dan kegiatan keagamaan.

    Baca: Pasien Terjangkit Korona Jadi 450 Orang, 38 Meninggal

    Langkah preventif lain, yakni melakukan patroli untuk memeriksa suhu panas tubuh terhadap masyarakat yang tinggal di lokasi penyebaran covid-19. Sterilisasi dilakukann dengan penyemprotan disinfektan di lokasi keramain, ekonomi, dan keagamaan.

    "Serta menindak pelaku kejahatan, penjarahan, perampokan, pencurian, tindak pelaku penimbunan bahan makanan dan kesehatan," kata dia.

    Kemudian dalam penidakan hukum Polri akan menjerat pelaku penyebaran hoaks atau informasi palsu. Termasuk penimbun bahan pokok.

    Korps Bhayangkara juga akan melakukan pendampingan dan konsultasi terhadap keluarga suspect korona. Serta penyiapan ruang isolasi, penyiapan sarana kesehatan, dan personel kesehatan.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id