Upaya Preventif Cegah Korona Tanpa ke Rumah Sakit

    Yurike Budiman - 17 Maret 2020 12:51 WIB
    Upaya Preventif Cegah Korona Tanpa ke Rumah Sakit
    Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto. Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto, menilai masyarakat dapat melakukan upaya preventif mencegah terpapar virus korona. Masyarakat tidak perlu berbondong-bondong memeriksakan kondisinya ke rumah sakit saat tidak mengalami keluhan apa pun.

    "Sebenarnya yang bisa kita lakukan sebelum kita melakukan pemeriksaan secara definitif, secara pasti, lakukan self isolation segera. Di rumah gunakan masker yang proper (layak)," kata Yurianto di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin, 16 Maret 2020.

    Yurianto mengatakan masyarakat juga perlu menerapkan jarak sosial atau social distance seperti arahan Presiden Joko Widodo. Jarak tersebut setidaknya sejauh satu meter.

    "Kenapa semeter? Kita tahu kemungkinan droplet (cairan saluran napas yang mengandung virus), yang keluar itu sekitar semeter. Sehingga kita bisa menjaga keluarga kita," ungkap dia.

    Baca: Karyawan BNI Positif Virus Korona

    Masyarakat, terang dia, juga sebisa mungkin tidur sendiri saat di rumah dan tidak berbagi penggunaan alat makan atau minum.

    "Pakai alat makan minum yang terpisah (dengan milik orang lain), bukan berarti sekali pakai buang, tidak begitu. Silahkan pakai yang ada di rumah tetapi yakinkan selesai dipakai langsung dicuci dengan sabun. Kita tahu virus ini bungkusnya sangat rapuh jika terkena detergen," ujar dia.

    Yurianto meminta masyarakat merasakan keluhan pada tubuhnya. Bila ada gejala-gejala seperti terjangkit virus korona, masyarakat baru pergi ke rumah sakit untuk periksa.

    "Sehingga tidak perlu buru-buru dan tidak perlu berdesak-desakan dengan orang lain pada saat menggunakan angkutan umum," ujar dia.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id