comscore

Kebijakan Bebas Aktif Jokowi dan Menlu Retno Diapresiasi Masyarakat

Al Abrar - 15 Mei 2022 18:21 WIB
Kebijakan Bebas Aktif Jokowi dan Menlu Retno Diapresiasi Masyarakat
Presiden Joko Widodo pada KTT ASEAN-AS tegaskan perang di Ukraina harus dihentikan. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev
Jakarta: Keputusan pemerintah Joko Widodo dalam menyikapi konflik antara Rusia dan Ukraina mendapat respons positif masyarakat. Dalam kebijakan yang dibuat Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Indonesia tetap memandang kedua negara sebagai sahabat dekat. 

Indonesia, dalam kebijakan bebas aktif yang dibuat, Indonesia tetap ingin membangun persahabatan yang lebih kuat dengan kedua negara. ini sesuai amanat konstitusi UUD 1945 yang memandatkan Indonesia turut menjaga perdamaian dunia. 
“Kebijakan bebas aktif ini mendapat apresiasi masyarakat,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Drama Minyak Goreng dan Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Presiden’ secara virtual, Minggu, 15 Mei 2022. 

Baca: Bertemu Negara G7, Menlu RI: Perang Ukraina Berdampak pada Ketahanan Pangan

Survei tersebut dilakukan dalam rentang 5-10 Mei 2022, dengan melibatkan 1.228 responden. Hasilnya, menurut Burhanuddin, sebanyak 50,9 persen masyarakat mendukung sikap politik bebas aktif yang dalam konflik Rusia-Ukraina, seperti yang ditegaskan Presiden Jokowi dan Menlu Retno Marsudi. 

Dukungan serupa juga ditunjukkan masyarakat dari keputusan Pemerintah Indonesia yang tetap mengundang kedua negara dalam KTT G20, November mendatang. 

Akan tetapi, baru 34 persen masyarakat yang mengetahui jika Indonesia menjadi Presidensi G20. Dari mereka yang mengetahui, tingkat dukungan kepada pemerintah untuk tetap mengundang kedua negara mencapai 67,5 persen. 

“Lebih banyak yang setuju jika Indonesia dalam KTT G20 mendatang tetap mengundang Rusia sekaligus juga mengundang Ukraina,” jelas Burhanuddin.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id