comscore

Akses Internet di Pos Layanan TNI Wilayah 3T Dipastikan Tersedia pada 2022

Candra Yuri Nuralam - 28 Desember 2021 13:53 WIB
Akses Internet di Pos Layanan TNI Wilayah 3T Dipastikan Tersedia pada 2022
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: MI/Pius Erlangga
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memastikan akses internet akan ada di pos layanan TNI wilayah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T) di Indonesia pada 2022. Sebanyak 200 titik pos pelayanan TNI bakal dipastikan memiliki akses internet.

"Konkretnya Kominfo akan memberikan dukungan terhadap 200 titik pos layanan TNI di wilayah terluar melalui akses internet yang langsung dihubungkan ke satelit, dan ini akan dilaksanakan di tahun 2022," kata Johnny melalui keterangan tertulis, Selasa, 28 Desember 2021.
Johnny mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk pemasangan akses internet itu. Akses internet di pos TNI itu akan disambungkan langsung dengan satelit.

"Kalau yang berkaitan dengan secure communication itu betul-betul domain militer. Namun, (dukungan Kominfo) berkaitan dengan komunikasi nonmiliter untuk memberikan layanan pertahanan negara di wilayah 3T," ujar Johnny.

Baca: Menkominfo Beberkan Komitmen Pemerintah Berikan Layanan Digital Terbaik

Pemasangan internet ini merupakan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam memperkuat koordinasi dan kerja dengan TNI. Langkah ini juga digunakan untuk mengefektifitaskan penyelenggaraan pemerintahan Kabinet Indonesia Maju.

"Panglima (sudah) menyampaikan apa saja kebutuhan telekomunikasi untuk TNI dan Kominfo juga saya menyampaikan dan menjelaskan kegiatan yang sedang kami tangani, di dalamnya termasuk memberikan dukungan telekomunikasi bagi wilayah terluar," tutur Johnny.

Akses internet itu juga diyakini bisa menguatkan pertahanan dan keamanan negara. Dengan begitu, kinerja TNI bisa makin dirasakan oleh masyarakat di wilayah 3T.

"Oleh karena itu, Kementerian Kominfo akan memastikan tersedianya infrastruktur TIK yang lebih memadai di titik-titik terluar penyelenggaraan dan keamanan negara," ucap Johnny.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id