Ngabalin Minta Fadli Zon Hati-hati Komentar Soal Natuna

    Whisnu Mardiansyah - 12 Januari 2020 14:26 WIB
    Ngabalin Minta Fadli Zon Hati-hati Komentar Soal Natuna
    Diskusi Crosscheck by Medcom.id bertajuk 'Pantang Keok Hadapi Tiongkok'. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Tenaga ahli utama kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin meminta politikus Partai Gerindra Fadli Zon berhati-hati mengeluarkan pernyataan. Fadli menyebut kehadiran Presiden Joko Widodo di Natuna tak memiliki efek kejut pada Tiongkok.

    "Semakin Anda menyerang pemerintah, semakin Anda terlihat tidak berwibawa Fadli, pertama karena Ketum Gerindra (Prabowo Subianto) dan Mas Edhy Prabowo itu sudah ada di pemerintah," kata Ngabalin dalam diskusi Crosscheck by Medcom.id bertajuk 'Pantang Keok Hadapi Tiongkok' di Upnormal Coffee and Roasters, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 12 Januari 2020.

    Ngabalin menegaskan kehadiran Jokowi otomatis pesan kuat kepada Tiongkok agar tidak main-main dengan urusan kedaulatan NKRI. Kehadiran Jokowi juga simbol diplomasi Kepala Negara.

    "Presiden hanya selalu ada di depan tetapi perangkat di bawah itu harus lakukan langkah-langkah yang luar biasa," tegas Ngabalin.

    Ngabalin menyebut urusan hubungan diplomasi harus bisa dibedakan dengan urusan kedaulatan. Kedaulatan wilayah tidak bisa dinegosiasikan meski memiliki hubungan diplomasi yang baik.

    "Saya ingin bilang kepada anggota yang terhormat Bapak Fadli Zon, kehadiran bapak presiden di situ memberikan pesan terhadap rakyat yang dipimpinnya atas manuver oleh tiongkok," kata Ngabalin.

    Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon menilai kehadiran Jokowi ke Natuna harus memiliki efek deterens. Jika tidak, maka percuma. 

    "Cuma apakah bisa dianggap itu mempunyai efek deterens apa tidak. Kalau itu dianggap tidak, menurut saya ini membuat kita justru semakin tidak berwibawa," kata Fadli. 






    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id