Jokowi Berduka Atas Meninggalnya Presiden Tunisia

    Fachri Audhia Hafiez - 26 Juli 2019 05:18 WIB
    Jokowi Berduka Atas Meninggalnya Presiden Tunisia
    Presiden Joko Widodo . Foto: Antara/Wahyu Putro.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dukacita mendalam atas wafatnya Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi. Belasungkawa itu disampaikan Jokowi melalui akun Twitter resminya.

    "Atas nama Pemerintah dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Presiden Tunisia, Beji Caid Essebsi," tulis Jokowi melalui akun Twitternya @Jokowi, Kamis, 26 Juli 2019.

    Menurut Jokowi, Essebsi akan dikenang masyarakat Tunisia. Essebsi semasa hidupnya dinilai telah memajukan demokrasi dan reformasi.

    Presiden Essebsi wafat dalam usia 92 tahun pada Kamis, 25 Juli 2019. Sesuai konstitusi, ketua parlemen akan menggantikan posisi presiden untuk sementara waktu. 

    Pada akhir Juni 2019, seperti dilaporkan Reuters dikutip Antara, sebelum meninggal Essebsi sempat masuk rumah sakit dan dirawat selama sepekan karena kondisi kesehatannya menurun signifikan. Pihak kepresidenan belum bisa memastikan waktu upacara pemakaman Essebsi.

    Essebsi dinilai berperan penting dalam transisi negaranya menjadi negara demokrasi setelah reformasi di 2011. Ia menjadi tokoh terkemuka di Tunisia sejak pemimpin otoriter Zine El-Abidine Ben Ali digulingkan pada 2011, yang disusul oleh pemberontakan terhadap dia di seluruh Timur Tengah, termasuk di Libya dan Mesir.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id